Current Issues

Punya Agenda untuk ‘Bersihkan’ Internet, Tiongkok Targetkan Platform Online

Jingga Irawan

Posted on December 23rd 2021

Tiongkok akan menargetkan platform online seperti jaringan media sosial dan situs video untuk menekan akun serta informasi palsu. Hal itu dilakukan sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam "membersihkan" internet.

Cyberspace Administration of China (CAC) mengatakan akan meluncurkan operasi khusus selama dua bulan untuk mencari aktivitas palsu di media sosial. Mulai dari meningkatkan angka engagement hingga membayar penggemar dan ulasan palsu.

Penyelidikan dilakukan karena agenda penindakan serius oleh regulator di beberapa sektor. Regulator-regulator itu berusaha memperketat pengawasan terhadap perusahaan di bidang teknologi, real estate, game, pendidikan, cryptocurrency, dan keuangan.

CAC mengadakan konferensi video pada Rabu (22/12), yang dihadiri oleh badan provinsi dan kota dari seluruh negeri.

"Konferensi itu mencatat bahwa saat ini memalsukan lalu lintas online, hubungan masyarakat yang jahat, dan komentar yang dibayar, dapat membahayakan hak dan kepentingan sah warganet," kata pernyataan itu. Saking seriusnya, CAC menyebut operasi ini bagian dari "pertempuran terakhir" untuk "membersihkan" internet.

Operasi khusus sebelumnya juga telah menargetkan fandom selebriti, terutama penggunaan internet di bawah umur dan diskusi tentang peristiwa sejarah melenceng dari narasi resmi yang dipromosikan oleh Partai Komunis Tiongkok yang berkuasa.

Pemerintah Tiongkok memang tak menyebutkan nama perusahaan dan individu, tetapi platform yang menampung ulasan film serta buku, video pendek, dan jejaring sosial akan menjadi salah satu titik fokus dari operasi tersebut.

Di satu sisi langkah Tiongkok itu memang bagus, tapi di sisi lain ternyata tetap saja ada upaya terselubung. Sebab, Dewan Negara Tiongkok akan menerbitkan pedoman dalam membangun internet "beradab" pada September mendatang. Salah satu fokusnya adalah sebuah situs harus digunakan untuk mempromosikan pendidikan tentang Partai Komunis yang berkuasa dan pencapaiannya.(*)

Foto: Pixabay

Related Articles
Tech
Tiongkok Perintahkan Perusahaan Teknologi Agar Tidak Saling Blokir Tautan

Current Issues
Tiongkok Stop Sementara Pemberian Lisensi untuk Game Online Baru

Current Issues
Lawan Tiongkok, Senat AS Loloskan RUU Pengembangan Sains dan Teknologi