Entertainment

BTS Sah Jadi Grup Luar Jepang Pertama yang Puncaki Oricon Year-End Album

Delima Pangaribuan

Posted on December 23rd 2021

(Soompi)

New year, new award. Slogan ini mungkin cocok disematkan ke BTS. Eh, bahkan ini belum juga tahun baru, tapi BTS sudah menyabet prestasi lagi! Kali ini dari Negeri Matahari Terbit alias Jepang.

Dilansir Soompi, nama BTS nangkring di posisi teratas Oricon Year-End Album Chart, ranking untuk album-album terpopuler yang rilis di Jepang. BTS berhasil merajai chart tersebut dengan album kompilasi mereka BTS, THE BEST. 

Chart ini sendiri diadakan sama situs statistik musik terbesar Jepang, Oricon. Mereka mengkompilasikan data penjualan album di Jepang mulai 28 Desember 2020 hingga 20 Desember 2021 ini. BTS meraih posisi pertama dengan total penjualan 993 ribu kopi!

Pencapaian ini memberikan sejumlah catatan istimewa buat BTS. Pertama, mereka sah menjadi grup luar Jepang yang merajai Oricon Year-End Album Chart. Kedua, mereka jadi artis kedua yang menduduki posisi ini setelah Michael Jackson 37 tahun yang lalu! Pada 1984, Michael Jackson memuncaki chart Oricon ini dengan album Thriller. Setelah itu belum ada lagi artis luar Jepang yang bisa menyamainya.

Sementara untuk album BTS, THE BEST, chart ini merupakan rekor kedua yang dipecahkan. Sebelumnya, album ini sudah memecahkan rekor Oricon sebagai album dengan penjualan minggu pertama paling banyak oleh artis cowok dari luar Jepang. Pada seminggu pertama saja, BTS, THE BEST telah terjual sebanyak 782 ribu kopi di Jepang.

Seperti lirik mereka di lagu MIC Drop: another trophy my hands carry 'em. Semoga 2022 nanti suksesnya makin tumpah-tumpah! (*)

 

Related Articles
Entertainment
Prestasi BTS di Jepang Masih "Kalah Tenar" daripada di AS, Kenapa?

Entertainment
34 dari 100 Album Terlaris di Jepang 2021 Diisi Grup Kpop!

Korea
Rekor! BTS Satu-satunya Artis Asing yang Puncaki Peringkat Tahunan Oricon