Korea

RM Bicara Soal Perubahan Genre BTS dan Tekanan sebagai Perwakilan Korea

Delya Oktovie Apsari

Posted on December 22nd 2021

RM BTS dalam pemotretan Vogue Korea edisi Januari 2022. (Vogue)

 

Dalam wawancara dan pemotretan bersama Vogue Korea, leader BTS, RM, membicarakan banyak hal. Mulai dari perubahan BTS sejak debut hingga sekarang, sampai dampak ketenaran BTS pada dirinya.

Ketika mempersiapkan konser daring terakhir mereka, RM mendengarkan kembali lagu-lagu lama BTS. Ia pun memikirkan bagaimana lagu-lagu yang baru saja mereka rilis bakal 'menua' nantinya.

"(Musiknya) terasa tulus pada saat itu, tapi tren berubah dengan cepat, dan aku menyadari bahwa telingaku sendiri (untuk musik) telah sedikit berubah. Apakah Butter dan Permission to Dance juga bakal terdengar kuno seiring berjalannya waktu?" ucap RM.

Pria bernama lengkap Kim Namjoon tersebut melanjutkan, mereka hidup di dalam tren. Ia pun terbiasa untuk mengikuti arus. RM pun ingin menyajikan karya yang tak lekang oleh waktu.

"Tapi aku tidak berpikir aku harus hidup seperti itu. Aku tidak yakin apa yang harus dilakukan, tapi aku ingin memproduksi sesuatu yang 'bertahan lama' dan 'tanpa batas waktu'. Sekarang karena sudah hampir sembilan tahun sejak aku debut dengan BTS, aku mulai banyak memikirkannya."

Seluruh member BTS memiliki andilnya sendiri-sendiri dalam membuat lagu. Namun, RM merupakan salah satu yang liriknya mendominasi album-album BTS. Ia pun ditanya apa perubahan yang ia rasakan sebagai penulis lirik.

"Dulu, aku punya banyak aturan di kepalaku, seperti 'Kamu harus melakukan ini atau itu', dan aku terjebak dalam ide tentang keinginan memamerkan sesuatu yang luar biasa, seperti teknik yang impresif. Belakangan, aku fokus dalam mencoba membuat tekstur tertentu yang ingin aku sampaikan secara abstrak. Aku mengembangkan kemampuan berpikir dalam dimensi multisensori, seperti penglihatan atau sentuhan. Ketika kamu membuat musik, ada elemen-elemen berbeda seperti lirik, melodi, ketukan dan suara. Dan pendekatanku adalah mencari rangkuman dari keseluruhannya untuk melihat jika mereka mengekspresikan apa yang sejak awal ingin aku sampaikan."

Pertumbuhan BTS seiring waktu bukan hanya memengaruhi musik mereka, tetapi sampai ke ranah kenegaraan. Lebih dari sekali, member BTS menyampaikan pidato mereka di PBB. Mereka juga beberapa kali menghadiri acara bersama presiden Korea Selatan, Moon Jae In.

Ketika ditanya apakah peran mereka sebagai perwakilan negara membatasi musik mereka, atau sumber inspirasi artistik serta kesempatan-kesempatan baru, RM menjawab semuanya.

"Pada masanya, mewakili negara terasa hebat, dan di lain waktu, itu bisa menjadi banyak tekanan. Yang jelas adalah peran ini bukan sesuatu yang kami raih karena kami mencarinya, dan itu bukan sesuatu yang pergi hanya karena kamu menginginkannya. Aku pikir itu adalah takdirku untuk menerimanya sebagai panggilanku dan melakukan yang terbaik pada hal yang aku bisa. Jika aku harus merangkumnya dalam kata-kata, aku akan mengatakan bahwa aku suka menjalani hidupku sambil berpikir, 'Kehidupan seperti ini menyenangkan juga'."

Soal filosofi hidupnya, RM menyebut kalau beberapa orang mengatakan penting untuk fokus ke masa kini dibandingkan mimpi kita.

"Mereka benar, dan aku memahami poin mereka. Tapi tidak baik bagi masyarakat menekan orang untuk punya mimpi, tapi mimpi itu juga penting. Aku harap banyak orang masih yakin kepada laki-laki atau perempuan muda yang di dalam hatinya, percaya pada kerja keras dan harapan," paparnya.

RM lalu mengatakan kalau sebenarnya ia juga sedang berjuang. Ekspektasi yang dimiliki orang lain sekaligus dirinya sendiri terhadap seorang RM terlalu tinggi.

"Bahkan jika aku bekerja di bidang yang benar-benar berbeda di masa depan nanti, orang akan berharap aku mencapai sesuatu, dan aku mungkin tidak bisa mencapai harapan tersebut."

Terakhir, RM menjelaskan soal golnya sebagai seorang seniman.

"Aku percaya kalau semua orang terlahir karena suatu alasan. Aku harap semua yang aku lakukan meninggalkan sesuatu yang bermakna." (*)

Artikel Terkait
Korea
Antara Seni dan Hidup, ini yang Terpenting bagi Jungkook BTS

Korea
Rilis Lagu Bicycle, Ini Arti Sepeda Buat RM BTS

Korea
Kado Istimewa, BTS Rajai Billboard Hot 100 pas Saat Ultah Jungkook