Hobi

Mau Cari Trigger Warning Sebuah Film, Serial, atau Buku? Coba Website Ini

Does the Dog Die dan Unconsenting Media bisa membantu.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on December 22nd 2021

(Foto: pch.vector/Freepik)

Kalau kamu orang yang mudah triggered dengan beberapa hal, menonton film, serial, atau baca buku tentu harus lebih hati-hati. Nah, biar terhindar dari media yang kontennya gak sesuai preferensi kita, coba deh web berikut.

Does the Dog Die

Yang pertama adalah web bernama Does the Dog Die. Di web ini kita bisa mencari film, serial televisi, atau buku. Tinggal ketik aja judulnya di kotak pencarian, nanti bakal muncul deh beberapa trigger warning dari konten tersebut.

Trigger warning dari film Knives Out

Pertanyaan umum yang ada di setiap konten biasanya tentang apakah di konten tersebut ada hewan mati, ada serangga atau enggak, ending-nya sedih atau senang, ada kekerasan atau tidak, dan lain-lain.

Trigger warning film Spider-Man: No Way Home

Tiap pengguna bisa memberikan vote berupa Yes atau No. Kalau lebih banyak jawaban Yes, kemungkinan besar konten tersebut mengandung konten yang mungkin bagi setiap orang perlu dihindari.

Kita juga bisa mencari trigger warning di web ini. Nantinya bakal muncul konten yang mengandung atau tidak mengandung trigger tersebut. Misal kita cari trigger “Apakah ada anjing mati?” dan atur filternya jadi “Ada anjing mati.”

Pencarian di web Does the Dog Die

Nah, bakal muncul film John Wick dan Hereditary di paling atas yang artinya ada anjing mati di dua film itu. Kalau kita pilih filter “Tidak ada anjing mati, bakal muncul film yang bebas dari kematian anjing.

Does the Dog Die konsepnya adalah crowdsourced, artinya setiap orang bisa memberikan informasi. Jadi tetap ada kemungkinan informasinya agak menyeleweng, tapi overall lumayan akurat karena kita bisa melihat komentar juga.

Unconsenting Media

Web kedua adalah Unconsenting Media. Web ini spesifik ke trigger yang berkaitan dengan kekerasan seksual. Jadi daftar trigger yang ada itu seperti apakah ada perkosaan, kekerasan seksual, inses, kekerasan seksual pada anak, dan lain-lain.

Trigger warning di film The Girl on the Train

Kita bisa mencari judul film, serial, atau buku dalam web ini. Kalau ada konten triggering, kategori terkait bakal ada tanda centang. Kita juga bisa mengirimkan jawaban kalau ada informasi yang kurang lengkap. Database Unconsenting Media memang gak selengkap Does the Dog Die, tapi lumayan membantu untuk mengetahui trigger yang lebih spesifik.

Nah, sebelum menonton atau baca buku tertentu, kamu bisa manfaatkan dua web ini buat menghindari pengalaman gak mengenakan. (*) 

Related Articles
Hobi
Dampak Coronavirus, Tokyo Game Show 2020 Resmi Dibatalkan

Hobi
Mangaka Virgin Story: Jika Baca Manga Bajakan, Mending Tak Usah Baca Sama Sekali

Hobi
CD Projekt Red Rilis Video Permintaan Maaf Atas Semua Bug di Cyberpunk 2077