Entertainment

Finneas Ungkap Album Billie Eilish ‘Happier Than Ever’ Berawal dari Gitar Mainan

Kezia Kevina Harmoko

Posted on December 22nd 2021

(Foto: FilmMagic for Life is Beautiful Music & Art Festival)

Album Happier Than Ever dari Billie Eilish berhasil memanjakan telinga para pendengar musik. Namun, ternyata album tersebut berawal dari sebuah instrumen musik yang gak biasa: gitar mainan.

Finneas baru-baru ini mengungkapkan proses awal pembuatan album Happier Than Ever pada Billboard. Kakak dari Billie itu memang terlibat aktif dalam karya adiknya. Untuk Happier Than Ever, prosesnya sudah dimulai sejak 2019.

“Kami mulai menulis lagu [Happier Than Ever] pada musim panas 2019. Kami ada konser di Amerika Serikat, terbang ke Britania Raya untuk hadir di Glastonbury. Kami ada di sebuah kota bernama Middlefart di Denmark dan pas itu kami jet lag banget,” ujar Finneas. Unik banget ya nama kotanya.

“Aku beli gitar mainan buat anak-anak seharga USD 80 (sekitar Rp1,1 juta di Guitar Center, sepertinya itu gitar termurah yang pernah dibuat. Suaranya lucu banget,” lanjut musisi kelahiran 24 tahun lalu itu.

Nggak disangka, gitar mainan itu yang mengantarkan mereka menemukan ide buat lagu Happier Than Ever lho. “Aku lagi duduk-duduk sama Billie dan kami mulai menulis melodi buat chorus pertama, bagian ‘When I’m away from you, I’m happier than ever.’”

Finneas menyebut bahwa lirik tersebut benar-benar relatable buat kehidupan Billie saat itu. Mereka berdua suka dengan konsep lagunya, tapi belum mood buat membuat sebuah album penuh. Akhirnya ide tadi disimpan dulu dan baru dikembangkan delapan bulan kemudian. Lagu Happier Than Ever selesai pada Mei atau Juni 2020.

Ternyata, Happier Than Ever juga ditulis versi akustik lho, beda banget dengan versi aslinya yang melibatkan gitar elektrik yang rock banget. Wah, jadi penasaran gimana ya versi akustiknya?

Di luar itu, Finneas baru aja merilis video musik buat Only A Lifetime, salah satu lagu dari album debutnya, Optimist. Di awal Desember, Finneas dan Billie sempat menyebut bahwa mereka sudah mulai menggarap album ketiga kelanjutan dari Happier Than Ever. (*) 

Related Articles
Entertainment
Finneas Jadi Penulis Lagu Nomor Satu di Spotify, Kalahkan Billie Eilish

Entertainment
Billie Eilish Ingin Rilis Album Tahun Depan, Tapi Ia Juga Suka Menunda Pekerjaan

Entertainment
Billie Eilish Rilis ’NDA‘, Curhat tentang Betapa Susahnya Jadi Terkenal