Current Issues

Direktur WHO Rekomendasikan Orang Batalkan Atau Tunda Rencana Liburan

Dwiwa

Posted on December 21st 2021

Pixabay/Pexels

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan pada Senin agar orang-orang membatalkan atau menunda acara liburan mereka. Pasalnya varian Omicron telah memicu lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah negara.

“Membatalkan acara lebih baik dibanding nyawa yang dibatalkan,” ujar Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus seperti dilansir Business Insider. Dia menambahkan lebih baik untuk membatalkannya sekarang dan merayakannya nanti dibanding merayakan sekarang dan berduka nanti.

Komentar Tedros ini muncul setelah varian Omicron menyebar ke seluruh dunia dengan sangat cepat. Memecahkan rekor di beberapa negara.

Di Amerika Serikat, rata-rata infeksi Covid-19 baru dalam tujuh hari adalah 125.775 pada Jumat, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS. Tingkat kepositifan uji tujuh hari nasional saat ini berada pada 7,2 persen, lebih tinggi dari ambang 5 persen yang direkomendasikan WHO.

Lonjakan di Amerika Serikat diperkirakan dipicu oleh varian Omicron yang sangat menular, yang pertama kali diidentifikasi bulan lalu. Di daerah dengan transmisi Omicron lokal, infeksi berlipat ganda setiap 1,5 hingga 3 hari, menurut WHO.

"Meskipun Delta terus beredar secara luas di Amerika Serikat, Omicron meningkat dengan cepat. Kami perkirakan itu menjadi strain dominan di AS, seperti yang terjadi di negara lain, dalam beberapa minggu mendatang,” ujar Direktur CDC Rochelle Walensky.

Di sisi lain, National Institutes of Health juga tidak merekomendasikan orang-orang yang tidak divaksin Covid-19 untuk melakukan perjalanan liburan.

“Jika kalian tidak divaksin, aku akan mengatakan perjalanan bukan ide yang baik karena kalian berada di tempat yang rentan saat ini akibat Omicron,” ujar Direktur NIH Francis Collins kepada CBS “Face the Nation”.

Sementara bagi yang sudah divaksin dan mendapatkan booster, Collins tetap menyarankan untuk melakukan langkah pencegahan lain agar tidak mudah tertular Covid-19. Itu termasuk memakai masker hingga menghindari pertemuan besar di dalam ruangan dengan orang banyak dimana terkadang protokol kesehatan terabaikan. (*)

 

Artikel Terkait
Current Issues
Ilmuwan Prediksi Akan Ada Varian yang Lebih Mengkhawatirkan Setelah Omicron

Current Issues
Perketat Prokes, Varian Delta yang Lebih Menular Sudah Menyebar di Indonesia

Current Issues
Studi: Dunia Tidak Siap untuk Hadapi Pandemi Selanjutnya