Current Issues

Varian Omicron Lebih Menular, Ahli Sarankan Hindari Beberapa Tempat Ini...

Dwiwa

Posted on December 20th 2021


Pixabay/Ludo_Photos

Semakin banyaknya orang yang divaksinasi telah membuat semakin banyak orang yang mulai melakukan aktivitas di luar rumah, hampir seperti sebelum pandemi berlangsung. Apalagi, dalam beberapa minggu terakhir kasus Covid-19 di Indonesia juga cukup terkendali.

Hal itu kadang membuat orang lupa jika pandemi Covid-19 sebenarnya belum berakhir. Dan kemunculan varian Omicron yang lebih menular dan telah ditemukan di hampir seratus negara seolah menjadi pengingat suram jika virus ini telah mengacaukan kehidupan kita selama dua tahun terakhir.

Vaksinasi masih menjadi salah satu cara terbaik untuk terlindung dari sakit parah dan kematian. Tetapi itu juga harus diikuti dengan protokol kesehatan dan menghindari sejumlah tempat tertentu yang bisa meningkatkan risiko tertular Covid-19.

Dilansir dari Eat This, Not That!, berikut daftar tempat-tempat yang sebaiknya dihindari saat ini menurut para ahli virus.

1. Acara dalam ruangan yang ramai

Cara termudah untuk mengurangi risiko tertular paparan Covid-19 adalah menghindari tempat yang ramai, terutama jika ada di dalam ruangan dan di daerah dengan vaksinasi rendah. Semakin banyak orang dalam sebuah acara, semakin sulit menjaga jarak. Acara dalam ruang lebih cenderung menjebak virus, terutama jika jendela ditutup.

2. Makan dalam ruangan

Restoran bisa melakukan jaga jarak, tetapi masih berisiko. Terutama jika tidak memiliki tempat duduk di luar ruangan. Ketika makan di tempat umum, kita harus melepas masker, di mana lebih berisiko membuat orang terpapar. Profesor Universitas Purdue Dr. Quinyan Chen menjelaskan jika AC di restoran indoor sebagai faktor lain yang berperan.

“Restoran adalah salah satu tempat paling berbahaya karena mereka menggunakan ventilasi campuran, di mana sistem pendingin udara mencoba memutarkan udara ruangan sebanyak mungkin. Droplet di restoran akan didistribusikan secara merata,” ujarnya.

3. Bioskop

Bioskop merupakan salah satu industri yang telah mengambil banyak tindakan pencegahan untuk Covid-19. Tetapi mereka juga memiliki kursi yang berdekatan yang sulit dilakukan jaga jarak. Bioskop juga memiliki langit-langit yang rendah dan ventilasi yang buruk, yang dapat menyebabkan virus menyebar.

“Sebelum memasuki semua jenis bioskop, penting untuk juga mempertimbangkan berapa tingkat penyebaran virus di masyarakat, dan juga kontribusi varian yang mungkin beredar,” kata Krystal Pollitt, asisten profesor epidemiologi di Yale School of Public Health dan asisten profesor dalam teknik kimia dan lingkungan di Yale School of Engineering & Applied Science kepada CNN.

4. Gereja atau tempat ibadah

Seorang dokter anak di Yale School of Medicine Kirsten Bechtel, MD, mengatakan gereja harus dihindari jika orang-orang  tidak memakai masker dan menjaga jarak. Mirip dengan restoran, orang-orang di gereja yang melepas masker untuk bernyanyi, dan partikel aerosolisasi ini cenderung menyebarkan virus.

5. Transportasi umum

Transportasi umum, seperti bus, pesawat terbang, dan kereta api membuat jaga jarak sulit dilakukan dan memaksa orang untuk menghabiskan banyak waktu bersama. Beberapa bentuk transportasi umum juga tidak memiliki batas penumpang.(*)

Artikel Terkait
Current Issues
Mau Nonton Bioskop Aman di Tengah Pandemi? Ikuti Saran Ahli Ini...

Current Issues
Covid-19 di Indonesia Makin Menggila, Kebiasaan Ini Bikin Kamu Lebih Berisiko

Current Issues
Rutin Lakukan Ini Agar Tak Begitu Parah Jika Apes Terinfeksi Covid-19