Lifestyle

Pelihara Anjing Terbukti Mendorong Kesehatan Mental Lebih Baik

Penelitian yang bikin bahagia para pecinta anjing.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on December 19th 2021

(Gambar: pch.vector/Freepik)

Anjing memang lucu banget dan kadang bikin kita gemas karena tingkahnya. Baru-baru ini, sebuah penelitian pemunjukkan bahwa memelihara anjing punya dampak baik buat kesehatan mental selama pandemi lho!

Penelitian yang dilakukan Martin, dkk (2021) didasarkan pada hasil survei dari 1.535 orang di Amerika Serikat. Sejumlah 768 orang memiliki anjing dan 757 lainnya yang belum punya anjing tapi sangat tertarik untuk memilikinya (potential dog owner).

Menurut penelitian tersebut, pemilik anjing lebih merasakan adanya dukungan sosial dibandingkan potential dog owner. Skor depresi pemilik anjing juga lebih rendah daripada potential dog owner. Meski begitu, tingkat kebahagiaan dan kecemasan dua grup tersebut tidak berbeda.

Nah, penelitian ini menemukan bahwa memiliki anjing dapat memberikan rasa dukungan pada seseorang dan ini yang bikin mereka lebih mampu menghadapi dampak psikologis negatif yang muncul selama pandemi.

Dalam penelitian tersebut, aktivitas mengajak anjing jalan-jalan ditemukan ampuh buat menurunkan stres. Aktivitas ini disebut termasuk salah satu self-care yang tentunya berdampak baik buat kesehatan mental seseorang. Nah, buat kamu yang sudah punya anjing, sering-sering deh ajak jalan~

Meski penelitian yang dilakukan Martin, dkk (2021) menunjukkan adanya dampak positif dari memelihara anjing, jangan sembarangan untuk memelihara hewan tersebut ya. Pastikan kamu mampu bertanggung jawab sepenuhnya untuk merawat dalam kondisi apa pun. Mungkin di awal bisa lucu banget, tapi hewan tentu juga bisa sakit.

Kalau kamu belum bisa berkomitmen buat merawat anjing, kamu bisa coba berdonasi buat anjing yang memerlukan, pergi ke tempat penampungan anjing, atau cukup lihat-lihat foto dan video lucu anjing di timeline. (*)

Related Articles
Lifestyle
Languishing: Keadaan Gak Baik-Baik Aja, tapi Juga Bukan Gangguan Mental

Lifestyle
Lagi Susah Menemukan Hal Untuk Disyukuri? Ini Waktunya Bikin Gratitude Journal

Current Issues
Kondisi Kesehatan Jiwa Masyarakat Memburuk Akibat Pandemi Covid-19