Tech

Awas Phishing! Jangan Tertipu Nonton Spider-Man: No Way Home Online Gratis

Dwiwa

Posted on December 18th 2021


DISNEY GETTY via Express

Ada yang sudah tidak sabar untuk menonton Spider Man: No Way Home yang banjir pujian dari penggemar maupun kritikus? Nah jika kalian malas ke bioskop dan ingin jalan pintas dengan menonton film secara streaming atau mengunduhnya secara ilegal di internet, pikirkan kembali.

Pasalnya, alih-alih kalian bisa menonton film gratis, kalian justru bisa buntung dan membuat kalian menghabiskan duit lebih banyak loh. Pasalnya, saat ini banyak penipuan atau scam yang dilakukan dengan memanfaatkan kepopuleran film yang dibintangi oleh Tom Holland ini.

Dilansir dari Express, pakar keamanan telah mengeluarkan peringatan bahwa para penipu mencoba mengakali orang untuk menyerahkan rincian akun bank mereka dengan cara menjanjikan cara untuk menonton Spider-Man: No Way Home di rumah.

Para peneliti dari penyedia antivirus terkemuka Kaspersky telah menemukan banyak contoh dari situs web phishing – yang diduga menawarkan streaming atau unduhan untuk film Spidey baru. Situs ini dirancang untuk mencuri detail akun bank orang.

Pakar keamanan siber membeirkan contoh salah satu situs tersebut, yang diduga meminta rincian bank sehingga dapat memverifikasi akun pengguna. Situs tersebut mengklaim menawarkan kemampuan untuk mengunduh film baru dan streaming film dalam kualitas HD dengan mudah.

Mereka juga mengklaim dapat menjamin bahwa tidak ada biaya yang akan dikenakan untuk memvalidasi akun kita dan bahwa tidak ada biaya yang akan muncul di laporan mutasi kartu kredit kita kecuali jika meningkatkan ke keanggotaan premium atau melakukan pembelian.

Tetapi ini semua hanya tipuan untuk membuat target mendapatkan rasa aman yang palsu. Setelah penjahat memiliki detail bank kita, mereka dapat melakukan apa pun dan berpotensi menguras uang yang kita simpan di sana.

“Ekspektasi penggemar saat ini sangat tinggi, bisa dibilang lebih tinggi dari film mana pun. Semua orang yang pernah menjadi penggemar Spidey memiliki teorinya sendiri tentang film tersebut, yang dapat dieksploitasi oleh penjahat dunia maya. Melupakan tentang keamanan siber, penonton ingin segera mengetahui rahasia dari film perdana, dan penipu menggunakan fan art dan potongan trailer sebagai umpan untuk membuat korban mengunduh file jahat dan memasukkan detail bank. Kami mendorong pengguna untuk waspada terhadap halaman yang merke kunjungi dan tidak mengunduh file dari situs yang belum diverifikasi,” ujar Tatyana Shcherbakova, pakar keamanan Kaspersky.

Selain itu, Kaspersky juga memberikan sejumlah saran tentang bagaimana cara menghindari menjadi korban penipuan semacam itu. Pertama, hindari tautan yang menjanjikan penayangan film atau serial TV lebih awal. Jika kalian ragu tentang keaslian konten, hubungi penyedia hiburan kalian.

Kemudian periksa keaslian situs web sebelum memasukkan data pribadi dan hanya gunakan halaman web resmi dan terpercaya untuk menonton atau mengunduh film. Jangan lupa periksa ulang format URL dan ejaan nama perusahaan.

Perhatikan juga ekstensi file yang diunduh. File video tidak akan pernah memiliki ekstensi .exe atau .msi. Terakhir, gunakan solusi keamana yang andal yang dapat mengidentifikasi lampiran berbahaya dan memblokir situs phishing.(*)

Related Articles
Tech
Mengapa Banyak Orang Terjerat Penipuan Online?

Interest
Penipuan Online Makin Beragam, Lakukan Hal ini Agar Tidak Ikut Jadi Korban

Tech
6 Cara Mudah Melindungi Data Kita di Internet