Interest

TikTok Kitchen, Restoran Khusus Delivery Bikinan TikTok Ada di AS Tahun Depan

Jingga Irawan

Posted on December 18th 2021

Credit: Virtual Dining Concepts

TikTok akan meluncurkan layanan baru yang mengubah video makanan viral menjadi makanan yang benar-benar dapat dipesan. Aplikasi media sosial asal Tiongkok itu bermitra dengan Virtual Dining Concepts dan Grubhub untuk meluncurkan restoran khusus pengiriman bermerek “TikTok Kitchen.” Restoran itu bakal dibuka di seluruh AS tahun depan.

Menunya akan mengacu pada postingan makanan paling populer di TikTok. Nantinya, makanan itu dikirimkan melalui Grubhub. TikTok bakal membuka 300 lokasi untuk permulaan pada Maret 2022. Ke depannya, anak perusahaan ByteDance itu akan membuka lebih dari 1.000 restoran akhir tahun depan.

Menu awal terdiri dari pasta feta panggang, burger besar, iga jagung, dan keripik pasta. Feta panggang khususnya, mendapatkan daya tarik yang luar biasa pada tahun 2021. Menurut Google, makanan itu menjadi hidangan yang paling banyak dicari tahun ini setelah mendapatkan popularitas luar biasa di TikTok. Kedepannya, menu di lokasi tersebut akan diubah setiap triwulan dengan sajian baru yang viral.

“Hasil dari penjualan TikTok Kitchen akan digunakan untuk mendukung kreator yang menginspirasi item menu dan untuk mendorong dan membantu kreator lain untuk mengekspresikan diri mereka di platform sesuai dengan misi TikTok untuk menginspirasi kreativitas dan membawa kegembiraan bagi penggunanya,” kata TikTok.

Menurut perusahaan langkah ini lebih merupakan kampanye untuk membawa makanan TikTok kepada penggemar. Bukan minat untuk merambah bisnis restoran TikTok. Artinya, perusahaan kemungkinan melakukan ini sebagai upaya pemasaran, daripada bisnis jangka panjang.

Didirikan pada tahun 2018, Virtual Dining Concepts menjalankan beberapa restoran hantu khusus pengiriman dan telah bermitra dengan banyak individu terkenal, termasuk selebriti YouTube MrBeast, Guy Fieri, Steve Harvey, Mariah Carey, Tyga dan yang lain. Perusahaan juga memiliki kemitraan dengan Barstool Sports.

Pada bulan Oktober, Virtual Dining Concepts mengumpulkan USD 20 juta dalam pendanaan Seri A. Perusahaan berencana menggunakan investasi untuk mendanai teknologi tambahan, meningkatkan infrastruktur perusahaan dan memberikan pemasaran tambahan dan dukungan pelanggan.

TikTok dikenal luas dengan tren makanan populer dan merupakan rumah bagi banyak resep viral yang sering di-share ulang di platform media sosial lain seperti Twitter, Instagram, dan Facebook. Kemitraan terbaru menunjukkan bahwa perusahaan ingin memanfaatkan popularitas ini untuk meningkatkan profil mereknya dan pembuatnya yang mendorong konten makanan di aplikasinya.(*)

Related Articles
Interest
Lagu Indonesia Viral! Selebriti Dunia Ikut Main TikTok 'Bagaikan Langit'

Interest
Makanan Viral yang Mungkin Akan Musnah di 2019!

Interest
Restoran Prancis Ini Sajikan Makanan Lezat dari Serangga, Berani Coba?