Tech

adidas Sukses Peroleh Rp 316 Miliar dari Penjualan NFT ‘Into the Metaverse’

Jingga Irawan

Posted on December 18th 2021

credit: adidas

adidas akhirnya masuk ke dunia NFT. Perusahaan pakaian itu meluncurkan lini NFT ‘Into the Metaverse’ pada Jumat (17/12). Para pembeli NFT nantinya memiliki akses ke klub penggemar yang sangat eksklusif ke produk adidas orginals.

Setiap NFT diberi harga 0,2 ETH. Saat ini setara dengan sekitar Rp 10 juta. Perusahaan asal Jerman itu berhasil menjual 29.620 NFT dan memperoleh lebih dari USD 22 juta (Rp 316 miliar) hanya dalam satu sore.

adidas membuat NFT lewat kemitraan dengan Bored Ape Yacht Club, Punks Comics, dan GMoney. Dengan membeli NFT, pemilik punya akses ke barang fisik khusus, seperti hoodie dengan alamat blockchain di atasnya dan baju olahraga yang dikenakan oleh Bored Ape milik adidas, dan pengalaman digital yang akan datang.

“adidas berada di metaverse,” kata Tareq Nazlawy, direktur senior pertumbuhan digital adidas, kepada The Verge.

“Kami ingin mencari tahu apa yang akan menjadi hal tergila untuk dilakukan di ruang itu dan mulai melibatkan komunitas yang kami aktifkan melalui (NFT) ini dalam bagaimana kami harus bermanifestasi di dunia virtual.”

Baca Juga: Nike Beli Perusahaan Sepatu Virtual yang Bikin NFT dan Senakers untuk Metaverse

Perusahaan menawarkan 20.000 NFT dalam akses awal kepada orang-orang yang memiliki token adidas Originals khusus, token GMoney, NFT Bored Ape Yacht Club, NFT Mutant Ape Yacht Club, dan NFT Pixel Vault. Hal ini yang membuat NFT adidas sudah sulit didapat karena tersedia terlebih dahulu untuk sekelompok orang yang sangat terbatas.

Peluncuran ini dilakukan setelah beberapa minggu hype crypto dan metaverse dari adidas. Perusahaan meluncurkan token digital bulan lalu, yang akan menawarkan pemegang akses awal ke penurunan NFT. Dan beberapa minggu yang lalu, perusahaan mulai men-tweet tentang metaverse. adidas juga telah membeli Bored Ape Yacht bernama Indigo Hertz untuk menunjukkan komitmennya.

Belum diketahui apakah adidas berencana untuk menawarkan lebih banyak NFT. Karena di situs webnya mengatakan bahwa langkah "ini baru permulaan." Mengingat batch pertama cepat terjual habis dan ada banyak uang yang dihasilkan adidas hanya dalam beberapa jam. adidas tampaknya memasuki persaingan dengan Nike, yang baru saja membeli perusahaan yang membuat sepatu virtual dan NFT.(*)

Artikel Terkait
Tech
Penjualan NFT Mencapai Rp 357,5 Triliun pada 2021

Tech
Mengenal Web3, Akan Menggantikan Internet atau Hanya Scam?

Tech
Untuk Dapat Hoodie GAP Edisi Khusus, Perlu Koleksi NFT Dulu