Korea

Sembilan Grup Kpop yang Bubar Sepanjang 2021

Delima Pangaribuan

Posted on December 16th 2021

(Soompi)

Tahun 2021 diwarnai oleh banyak grup Kpop yang baru debut. Tapi di sisi lain, ada juga grup-grup yang bubar alias disbanded. Sebagian besar karena memang kontraknya sudah habis dan nggak diperpanjang lagi.

Meskipun udah bubar, nggak ada salahnya kita kembali mengingat grup-grup yang pernah menyemarakkan industri Kpop ini. Mungkin ada salah satu grup kesayangan kalian? Berikut sembilan grup yang bubar selama 2021 seperti diberitakan Koreaboo.

(Foto-foto: Koreaboo, Soompi)

1. 100%

Boy group ini debut pada 21 September 2012 oleh mantan member grup legendaris Shinhwa, Andy Lee. 100% terdiri dari tujuh member. Namun selama perjalanan karirnya, 100% kehilangan tiga member setiap dua tahun sekali.

Mulai dari Sanghoon yang hengkang pada 2014, Changbum yang hengkang pada 2016, dan Minwoo yang meninggal dunia pada 2018. Dengan tersisa empat orang--Rockhyun, Jonghwan, Chanyong, dan Hyukjin--100% terus aktif hingga resmi dibubarkan pada 9 Oktober 2021.

2. B.O.Y


Duo ini dibentuk pada 24 Agustus 2019, beranggotakan dua mantan member Myteen yakni Kookheon dan Yuvin. Keduanya juga muncul di survival show Produce X 101 tapi nggak berhasil debut bersama X1.

Sebetulnya prestasi mereka selama dua tahun aktif sungguh membanggakan. B.O.Y berhasil memenangkan salah satu episode Immortal Song dan menjadi satu dari dua grup generasi keempat yang bisa menjuarai ajang tersebut. Namun, kontrak Yuvin berakhir pada 30 April 2021 dan nggak diperpanjang. Grup ini pun bubar.

3. Berry Good


Girl group dengan lima member ini debut pada 21 Mei 2014. Nggak lama setelah debut, tiga member memutuskan keluar untuk melanjutkan studi dan digantikan oleh tiga member baru. Satu member baru lagi menyusul dan menjadikan Berry Good grup memiliki enam member pada 2016.

Sepanjang karir, penjualan album mereka kurang memuaskan. Setelah aktif selama tujuh tahun, dua member yakni Gowoon dan Seoyul memutuskan nggak perpanjang kontrak. Member lain yang tersisa pun memilih bubar pada 12 Mei 2021.

4. ENOi


Grup di bawah agensi KiTheWhale ini debut pada 19 April 2019 dengan tujuh member. Nggak begitu banyak catatan tentang ENOi kecuali mereka menghasilkan tiga album selama aktif, dengan penjualan tertinggi mencapai 5,8 ribu keping. Nggak sampai dua tahun aktif, ENOi memutuskan bubar pada 22 Januari 2021.

5. GFRIEND


Mungkin inilah salah satu disband paling menyedihkan sepanjang 2021. Nggak ada yang menyangka grup beranggotakan enam orang ini bakal bubar. GFRIEND debut pada 15 Januari 2015 di bawah Source Music.

GFRIEND tercatat sebagai salah satu girl group generasi tiga yang paling sukses. Mereka memenangkan 71 kemenangan di acara musik dan menjadi artis keenam dengan kemenangan paling banyak di Korsel. Setelah disbanded pada 22 Mei 2021, para member kini aktif di bawah agensi yang berbeda-beda.

6. HOTSHOT


Grup asuhan Star Crew Entertainment ini debut pada 29 Oktober 2019 dengan enam anggota. Member-nya pun nggak sembarang trainee: Timoteo adalah mantan trainee SM Entertainment dan hampir debut bersama EXO, lalu Taehyun dan Sungwoon berpartisipasi di Produce 101.

Sungwoon bahkan masuk ranking 11 dan menjadi member Wanna One. Taehyun bergabung dengan grup temporer juga bernama JBJ dan Hojung dengan UNB. Karir mereka kelihatan mulus-mulus saja di awal dengan penjualan album menembus 17 ribu keping. Tapi tiba-tiba saja agensi mengumumkan HOTSHOT bubar pada 30 Maret 2021.

7. IZ*ONE


Satu lagi disband paling menyakitkan di 2021. IZ*ONE memang grup temporer yang debut setelah ajang Produce 48. Mereka resmi debut pada 29 Oktober 2018 dengan kontrak 2,5 tahun. Cukup lama dibandingkan grup-grup Produce sebelumnya.

Selama aktif, IZ*ONE mendulang kesuksesan luar biasa dengan menyabet 24 penghargaan dan 26 kemenangan di acara musik. Melihat kesuksesan ini, fans sempat berharap IZ*ONE bisa menjadi grup permanen. Namun, beberapa agensi nggak sepakat dan akhirnya IZ*ONE tetap bubar pada 29 April 2021.

8. Lovelyz


Grup dengan delapan member ini debut di bawah Woollim Entertainment pada 17 November 2014. Sepanjang karir mereka, Lovelyz berhasil mendapat empat kemenangan di acara musik. Mereka mengeluarkan 13 album dan salah satu yang paling populer adalah Once Upon a Time. Setelah tujuh tahun, para member nggak memperpanjang kontrak kecuali Baby Soul. Lovelyz resmi bubar pada 16 November 2021.

9. Seven O'Clock


Boy group ini debut pada 16 Maret 2017 di bawah Staro Entertainment dan KDH Entertainment. Sepanjang karir, Seven O'Clock mengalami pergantian member beberapa kali. Mereka merilis lima album dengan lagu paling populer Midnight Sun, yang penjualannya hanya sekitar 1,8 ribu keping.

Mereka resmi bubar pada 2 Maret 2021. Beberapa member kemudian aktif di grup lain, seperti Hangyeom yang bergabung ke OMEGA X, serta 2Soul dan Taeyong yang bakal debut dengan grup baru Black Level. (*)

 

Related Articles
Korea
Jelang Disband, IZ*ONE Rilis Video Spesial untuk Fans

Korea
Penyiar Radio Jang Sungkyu Dikritik karena Guyonan Soal IZ*ONE  

Korea
Grup Bubar, Beberapa Member IZ*ONE Bakal Bikin Unit Sendiri