Current Issues

Polri Beri Lampu Hijau Ada Penonton Langsung di Liga 1 dan Liga 2

Dwiwa

Posted on December 15th 2021

Foto bersama pengurus PT Liga Indonesia Baru (LIB) dengan Polri dalam pemberian izin uji coba pertandingan Liga 1 dan Liga 2 dihadiri penonton, Rabu (15/12/2021). ANTARA/HO-Divisi Humas Polri

Ada yang sudah rindu untuk menonton pertandingan sepak bola secara langsung di lapangan? Tenang, keinginan kalian bakal segera terwujud. Pasalnya, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memberikan izin kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk melakukan uji coba penyelenggaraan sepak bola Liga 1 dan 2 dihadiri penonton secara langsung di lapangan.

“Polri memberikan izin uji coba penyelenggaraan Liga 1 dan 2 dihadiri penonron yang terbatas,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, dalam keterangan tertulis seperti dilansir Antara.

Dedi menjelaskan, uji coba diberikan izin dengan catatan bahwa kapasitas penonton yang hadir secara fisik jumlahnya dibatasi. Hal ini dikarenakan situasi masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Kepatuhan dan protokol kesehatan pun harus dikedepankan, karena itu anggota kepolisian akan diturunkan ke lapangan.

“Kami melihat antusiasme yang begitu tinggi dari masyarakat terkait dengan pelaksanaan sepak bola di Tanah Air. Tetapi, kami tetap menekankan protokol kesehatan harus tetap dilakukan dengan ketat,” jelas mantan Kapolda Kalimantan Tengah tersebut.

Bagi penonton yang hadir secara fisik, Dedi mengatakan jika mereka wajib menggunakan masker sejak awal hingga akhir pertandingan. Pertandingan sepak bola juga digelar di wilayah yang laju pertumbuhan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 berstatus rendah.

Masyarakat yang hadir pun diwajibkan telah mengantongi sertifikat vaksin Covid-19 dosis kedua dan mengakses aplikasi PeduliLindungi.

“Semua penonton, pemain, pihak sponsor hingga ofisial harus benar-benar memastikan protokol kesehatan dilaksanakan dengan baik,” ucap Dedi.

Dedi menambahkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dan komunikasi kepada seluruh pihak terkait dalam pemberian izin uji coba penonton terbatas ini. Tujuannya, agar penanganan dan pengendalian Covid-19 di Tanah Air bisa tetap berjalan dengan baik. Evaluasi rutin juga akan dilakukan dalam uji coba kehadiran penonton secara terbatas di Liga 1 dan Liga 2.

“Kami dari Polri akan terus melakukan evaluasi terkait dengan pelaksanaan. Sehingga, pelaksanaan tetap berjalan dengan baik, namun faktor kesehatan harus tetap dikedepankan,” ujar Dedi. (*)

 

Artikel Terkait
Current Issues
Hore! Menparekraf dan Kapolri Beri Izin Acara Musik, Budaya Hingga Olahraga

Sport
Dear Pecinta Sepak Bola, Liga 1 dan Liga 2 Dijadwalkan Dimulai Lagi Juli

Current Issues
Jangan Coba-coba Terkena Covid, Meski Sudah Divaksin