Tech

Sekarang Kirim Voice Note Lewat WhatsApp Bisa Dicek Lebih Dulu

Jingga Irawan

Posted on December 15th 2021

Credit: The Next Web

WhatsApp baru-baru ini merilis fitur preview untuk pesan suara (VN). Sehingga kalian bisa cek lebih dulu apakah suara atau isi pesan yang kalian kirim sudah sesuai. Layanan pesan milik Meta itu telah meluncurkan secara bertahap fitur preview. Dan sekarang tersedia di semua platform termasuk iOS, Android, web, hingga desktop.

Menurut website resmi untuk fitur tersebut, opsi melihat preview pesan suara muncul setelah pengguna menekan tombol berhenti sesaat setelah menyelesaikan rekaman. Kalian kemudian dapat mendengar ulang dengan ikon putar segitiga, menghapusnya dengan ikon tempat sampah, atau mengirimkannya dengan tombol kirim.

Fitur itu merupakan salah satu bagian dari serangkaian pembaruan baru yang telah dirilis. Awal tahun ini, layanan tersebut menambahkan fitur untuk menyesuaikan kecepatan pemutaran pesan suara selama didengarkan. Sehingga kalian bisa mendengar pesan tak terlalu panjang.

Menurut WABetaInfo, fitur itu juga akan dilengkapi fungsionalitas untuk menjeda dan melanjutkan perekaman pesan suara. Sementara The Verge telah mengonfirmasi bahwa fitur terakhir tersedia dalam versi beta WhatsApp untuk iOS.

Tak hanya itu, WhatsApp punya fitur yang lebih menarik. Pada bulan September, WhatsApp mengatakan sedang membuat fitur transkripsi suara baru. Yang nantinya, pengguna bisa membaca transkripsi pesan suara daripada mendengarkannya.

Pada bulan Oktober, WABetaInfo melaporkan mereka juga menemukan tanda-tanda rilis "pemutar pesan suara global.” Dengan fitur ini pengguna bisa mendengarkan pesan suara saat sedang membalas obrolan WhatsApp kontak lainnya.

Belum ada informasi yang tersedia kapan WhatsApp dapat meluncurkan fitur pesan suara baru ini. Tetapi dapat melihat preview catatan suara sebelum mengirimnya adalah awal yang menjanjikan.(*)

 

Artikel Terkait
Tech
WhatsApp Garap Fitur Report Message untuk Desktop

Tech
WhatsApp Punya Beberapa Fitur Baru, Ada yang Bisa Buat Kirim Pesan Rahasia

Tech
Grup WhatsApp Kini Bisa Menampung 512 Anggota