Tech

Xiaomi Punya Teknologi Baterai Baru, Kapasitas 10 Persen Lebih Besar

Jingga Irawan

Posted on December 13th 2021

Credit: GSM Arena

Xiaomi mengungkapkan teknologi baterai baru yang sedang dikerjakan oleh tim penelitinya. Rencananya, baterai itu akan tersedia tahun depan. Menurut GSM Arena, Xiaomi mampu meningkatkan kandungan silikon di dalam baterai tiga kali lipat dan menghasilkan kapasitas penyimpanan yang lebih efisien.

Dalam ukuran yang sama, baterai baru dapat menampung sekitar 10 persen lebih banyak mAh dan menyediakan 100 menit runtime tambahan dengan hanya satu kali pengisian daya. Teknologi pengemasan juga telah diubah. Baterai terbaru didesain untuk meningkatkan efisiensi ruang. Protection Circuit Module (PCM) telah dimiringkan 90 derajat dan tak lagi rata, sehingga diklaim mampu menghemat ruang.

Selain itu, Xiaomi telah melengkapi baterai baru dengan chip pengukur bahan bakar yang mengandalkan algoritme canggih. Sistem itu mampu meningkatkan keamanan dan masa pakai sel saat memantau pengisian daya semalaman.

Sistem itu juga bisa mengurangi status pengisian daya yang berlebihan saat handset dicolokkan terlalu lama. Beberapa kontrol suhu menggunakan sensor tambahan juga tersedia dan seperti yang kita semua tahu, baterai Li-Ion tak terlalu menyukai panas. Namun, belum diketahui bagaimana sebenarnya Xioami dapat mengontrol suhu baterai.(*)

Artikel Terkait
Tech
Xiaomi Bakal Hapus Branding Nama 'Mi' dari Produknya. Kenapa NIh?

Tech
Riset Sebut Ponsel 5G Makin Diminati, Tapi Pilihan Masih Terbatas

Tech
Capai Kesepakatan, Xiaomi Berhasil Lolos dari Daftar Hitam AS