Entertainment

Lagu 'Shake It Off' Disebut Plagiat, Taylor Swift Hadapi Persidangan

Kezia Kevina Harmoko

Posted on December 11th 2021


(Foto: YouTube Taylor Swift)

Taylor Swift akan menjalani proses persidangan akibat tuduhan melakukan plagiat dalam lagu Shake It Off. Pada 2017 lalu, dua penulis lagu menuduh Taylor meniru lirik lagu yang mereka tulis dan melayangkan tuntutan hukum.

Dua penulis lagu yang menuntut Taylor adalah Sean Hall dan Nathan Butler. Mereka menyebut Taylor meniru lirik lagu Playas Gon’ Play karya mereka yang dirilis pada 2001. Shake It Off dirilis pada 2014 lalu dan jadi bagian dari album 1989.

Di lirik lagu Shake It Off, lirik bagian chorus berbunyi: “‘Cause the players gonna play, play, play, play, play / Haters gonna hate, hate, hate, hate, hate.”

Nah, lirik lagu Playas Gon’ Play berbunyi begini: “Playas, they gonna play, and haters, they gonna hate.”

Pada 2018, tuntutan hukum yang dilayangkan Hall dan Butler ditolak hakim dengan alasan lirik tersebut terlalu “dangkal” untuk dilindungi hak cipta. Ungkapan “haters gonna hate” dan “players gonna play” memang jadi ungkapan yang umum banget di Amerika Serikat.

Namun, pada 2019, pengadilan membuka kembali kasus tersebut. Di tahun 2020, hakim memutuskan bahwa kasus tersebut dapat kembali diproses.

Hakim Michael Fitzgerald menyebut bahwa susunan atau urutan ekspresi kreatif Hall dan Butler cukup untuk dilindungi hukum. Bagian yang disebut mirip oleh Hall dan Butler juga disebut cukup mirip untuk membuat kasus hukum berjalan.

BBC melaporkan bahwa tim dari Taylor mengajukan summary judgement, keputusan cepat untuk menyatakan bahwa tidak ada pelanggaran hak cipta yang terjadi. Namun, permintaan tersebut ditolak hakim. Kini Taylor akan menghadapi masa percobaan. Wah, mari kita lihat bagaimana proses hukumnya berjalan ya.(*)

Artikel Terkait
Entertainment
Taylor Swift Tegaskan Lirik Lagu ‘Shake It Off’ Sepenuhnya Ditulis Sendiri

Entertainment
Taylor Swift Ungkap Lagu Album ‘Fearless’ yang Meyakinkannya Terjun ke Pop

Entertainment
Ed Sheeran Rekam Semua Proses Pembuatan Lagu setelah Hadapi Gugatan Hak Cipta