Lifestyle

Minuman Ini Bisa Bikin Lemak Visceral Menumpuk dan Sebabkan Penyakit Serius Loh

Dwiwa

Posted on December 10th 2021


Pixabay/avalonbears

Bagi yang pernah mendengar soal lemak visceral, mungkin tahu bahwa itu bisa menjadi jenis lemak yang berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan. Sayangnya, banyak orang masih belum sepenuhnya memahami apa itu lemak visceral sebenarnya.

"Lemak visceral adalah lemak yang menggantung di sekitar organ, membuatnya lebih berbahaya. Memiliki peningkatan jumlah lemak visceral dapat meningkatkan risiko resistensi insulin dan diabetes tipe 2, penyakit jantung, peradangan dan banyak lagi," kata Amy Goodson, MS , RD, CSSD, LD penulis The Sports Nutrition Playbook seperti dilansir dari Eat This, Not That!.

Jadi bagaimana kita mengurangi lemak visceral? Ternyata solusinya tidak hanya ada satu. Menurut Goodson, kita bisa menguranginya dengan olah raga aerobik lebih banyak, mengurangi gula tambahan dan lemak trans dalam makanan, makan lebih banyak serat larut (misalnya gandum, buah-buahan yang bisa dimakan bersama kulit, kacang-kacangan, dan biji-bijian), dan mengurangi stres kronis.

Selain diet, lemak visceral juga bisa bersifat genetik. Tidak ada bahan tertentu yang bisa digunakan untuk menghindarinya, tetapi ada makanan dan minuman tertentu yang dapat berkontribusi terhadap akumulasi lemak visceral dibanding lainnya. Misalnya, minuman manis yang menjadi salah satu asupan terburuk untuk dikonsumsi untuk lemak visceral.

"Ketika berbicara tentang minuman, salah satu pilihan terburuk adalah minuman yang dimaniskan dengan gula karena ini memberikan gula dan kalori tanpa manfaat nutrisi apa pun," kata Goodson, "dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak gula tambahan cenderung memiliki lebih banyak lemak visceral."

Goodson juga menambahkan bahwa jenis minuman ini sering kali mengandung fruktosa dalam jumlah besar, yang dapat menjadi masalah. "Asupan fruktosa yang besar dapat diubah menjadi lemak oleh hati, yang pada akhirnya dapat menyebabkan peningkatan lemak visceral."

Lalu, minuman seperti apa yang lebih baik untuk lemak visceral?

Meskipun tidak ada satu pun minuman atau makanan yang dapat menghilangkan atau mencegah kita memiliki lemak visceral, tetapi kita dapat memilih minuman yang lebih rendah gula dan membantu menjaga berat badan dan penurunan lemak.

Misalnya, teh hijau menjadi pilihan yang sehat karena kandungan antioksidan EGCG yang tinggi, yang dikenal dapat membantu menghilangkan lemak dan meningkatkan metabolisme.

Mengurangi minuman manis tidak akan menjamin bahwa lemak visceral akan berkurang, tetapi setidaknya itu akan membantu  mengelola konsumsi gula secara keseluruhan. Hal ini pada akhirnya akan membantu kita mengelola jumlah lemak visceral yang terakumulasi.(*)

Artikel Terkait
Lifestyle
Kapan Sih Waktu Makan yang Paling Tepat?

Lifestyle
Girls, Kopi Juga Bisa Bantu Hilangkan Lemak Perut loh! Begini Penjelasannya

Lifestyle
Lakukan Kebiasaan Makan Ini dan Ucapkan Selamat Tinggal Pada Perut Buncit