Gokil! SpaceX Luncurkan Teleskop NASA yang Bisa Pelajari Black Hole

Posted on December 10th 2021

Roket SpaceX Falcon 9 meluncur ke ruang angkasa bersama satelit Imaging X-ray Polarimetry Explorer (IXPE) NASA. Pertama kali diumumkan pada 2017, IXPE adalah satelit pertama yang mampu mengukur polarisasi sinar-X yang berasal dari sumber kosmik, seperti lubang hitam (black hole) dan bintang neutron.

Satelit seukuran lemari es itu memiliki tiga teleskop yang dapat melacak serta mengukur arah, waktu, energi, hingga polarisasi cahaya. Ketika data dari semua teleskop itu digabungkan, NASA dapat membentuk kesimpulan yang dapat memberi kita lebih banyak wawasan tentang bagaimana benda-benda langit misterius, yang memancarkan sinar-X, bekerja.

Misalnya, mereka bisa memberi kita pandangan yang lebih menyeluruh tentang struktur Crab Nebula, sebuah sisa supernova dengan bintang neutron yang berputar cepat di pusatnya.

Dengan mengamati lubang hitam, IXPE juga akan membantu para ilmuwan mendapatkan lebih banyak wawasan dan memperluas pengetahuan umat manusia di wilayah luar angkasa yang masih belum diketahui.

IXPE juga bisa memberikan petunjuk mengapa mereka berputar dan bagaimana mereka melahap materi kosmik, yang nantinya bisa mengarah pada penemuan baru.

Martin Weisskopf, penyelidik utama misi tersebut, mengatakan bahwa, “IXPE akan membantu kami menguji dan menyempurnakan teori kami saat ini tentang cara kerja alam semesta. Kami bahkan mungkin menemukan teori yang lebih menarik tentang benda-benda eksotis ini daripada yang kami duga.”

SpaceX menggunakan roket Falcon 9 dari misi sebelumnya untuk peluncuran ini. Jika semuanya berjalan dengan baik, tahap pertama roket akan mendarat di kapal drone perusahaan bernama Just Read the Instructions (JRTI) setelah mengangkut IXPE ke luar angkasa.(*)