Entertainment

Drake Cabut Dua Nominasi Grammy Awards 2022 Miliknya

Kezia Kevina Harmoko

Posted on December 7th 2021

(Foto: Amy Sussman/Getty Images)

Drake baru aja mengejutkan para penggemarnya. Rapper satu ini memutuskan untuk membatalkan kedua nominasi yang ia dapatkan. Fans bertanya-tanyaa motivasi Drake mengambil keputusan tak terduga itu.

Kabar ini pertama kali dikabarkan oleh Variety. Sumber mengatakan pada Variety bahwa keputusan untuk membatalkan dua nominasi yang Drake terima telah didikusikan dengan sang rapper dan manajemen. Pihak Grammy Awards juga menerima keputusan tersebut. Sayangnya alasan di balik keputusan tersebut masih belum diketahui.

Drake mendapat dua nominasi dalam Grammy Awards 2022 untuk kategori Best Rap Album buat Certified Lover Boy dan Best Rap Performance buat lagu Way 2 Sexy (feat. Future dan Young Thug). Rapper tersebut tidak mengumpulkan album CLB untuk kategori mayor seperti Album of the Year, Record, atau Song of the Year.

Setiap kategori memiliki lima nominasi. Karena Drake keluar, tersisa empat nominasi untuk kategori Best Rap Album dan Best Rap Performance. Recording Academy sebagai penyelenggara Grammy Awards memutuskan tidak akan memasukkan calon lain untuk menggantikan posisi Drake. Proses penilaian akan tetap berjalan dengan empat nominasi saja.

Umumnya artis yang tidak ingin karyanya dinilai untuk Grammy Awards tidak akan mengumpulkan karyanya untuk diperhitungkan. Yup, sistem Grammy memang dari pihak artisnya dulu yang mengajukan karyanya ingin masuk kategori apa. Kalau tidak ada pengumpulan, otomatis karya tersebut tidak akan diproses untuk jadi nominasi.

Salah satu artis yang tidak ingin karyanya dinilai untuk Grammy Awards adalah The Weeknd. Penyanyi tersebut memboikot ajang penghargaan tersebut karena dinilai tidak transparan dan korup.

Ini berawal saat pada 2020 album After Hours miliknya tidak masuk nominasi padahal terhitung sangat sukses. Di Grammy Awards 2022, penyanyi tersebut tetap masuk nominasi, tapi karena karya yang melibatkannya, bukan karyanya sendiri.

Di luar itu, Olivia Rodrigo berhasil merebut tujuh nominasi untuk Grammy Awards 2022. Halsey masuk dalam satu nominasi Best Alternative Music Album buat If I Can’t Have Love, I Want Power. (*)

 

Artikel Terkait
Entertainment
Drake Kerja Sama bareng Startup Finansial Ramah Lingkungan buat Selamatkan Bumi

Entertainment
DJ Khaled Ungkap Kolaborasi “Gila” Bareng Drake Bakal Segera Datang!

Entertainment
Drake Bagikan Cover Alternatif ‘Certified Lover Boy’, Mana yang Jadi Favoritmu?