Lifestyle

5 Tips Mencegah Stres Masa Liburan: Kamu Layak Berbahagia

Kezia Kevina Harmoko

Posted on December 5th 2021

(Ilustrasi: pikisuperstar/Freepik)

Masa liburan Natal dan akhir tahun bakal segera datang! Meski momen ini ditunggu-tunggu oleh banyak orang, sebagian justru merasa stres karena beberapa alasan tertentu.

Kalau kamu masuk ke golongan yang kedua, ada beberapa tips nih biar liburan bisa tetap terasa membahagiakan, bukannya bikin tertekan. Tips dirangkum dari saran terapis bernama Gabriel Young dan profesor psikiatri bernama Eugene Beresin seperti yang dilansir dari Psychology Today.

Off dari media sosial

Gak bisa dipungkiri bahwa masa liburan Natal dan tahun baru jadi momen banyak orang bersenang-senang. Entah menghabiskan waktu bareng 100 anggota keluarga, menyaksikan pergantian tahun di luar negeri, foto di depan pohon Natal bareng pacar, dan seterusnya.

Intinya, hindari konten yang bikin kita membandingkan diri kita sama kehidupan orang lain yang kita gak tahu detailnya. Membandingkan hidup ini cenderung bikin kita merasakan emosi negatif. Daripada liburan sendiri rusak karena melihat liburan orang lain, mending libur dari media sosial.

Bantu orang lain

Entah itu bantu masak, bantu jaga anak kecil dengan membacakan cerita, atau bantuan apa pun—ini bakal bikin fokus kita teralih dari diri sendiri ke orang lain. Ini juga bikin kita lebih merasa berdaya karena dapat membantu orang lain dengan tindakan konkret.

Rencanakan kegiatan seru

Jalan ke mall pas masa liburan mungkin gak akan asyik karena bakal ramai parah. Berburu hadiah mungkin bakal stressful juga. Nah, mending rencanakan kegiatan di rumah aja yang asyik. Bisa main board game, nostalgia dengan lihat-lihat album foto lama, atau mungkin karaoke. Kadang hadiah itu cepat gak terpakai, tapi memori lebih longlasting~

Jangan targetkan kesempurnaan

Setelah merencanakan acara, harus ingat bahwa akan selalu ada kemungkinan yang direncanakan gak berjalan sesuai harapan. Dan itu nggak masalah. Jangan pasang standar terlalu tinggi buat liburan. Jalani apa adanya, hargai setiap detiknya~

Self-care!

Meski perayaan biasanya erat dengan kegiatan kekeluargaan, jangan lupa buat rawat diri sendiri. Makan yang cukup, tidur yang cukup, menikmati hobi, sampai olahraga—lakukan semua selama liburan. Kalau kamu gak cukup merawat diri, kemampuan buat mengatasi stres nggak akan optimal.

Nah, itu dia beberapa tips buat mencegah stres masa liburan. Selesaikan dulu deh urusan-urusan tugas, project, dan tanggung jawab lain biar liburan bisa tenang~

 

Related Articles
Interest
Udah Ga sabar Liburan di 2021? Cek Dulu Jadwal Libur Nasional dan Cuti Bersama

Current Issues
Mau Liburan Natal dan Tahun Baru? Simak Yuk Aturan yang Berlaku

Current Issues
Transaksi Online, Pilihan untuk Kurangi Risiko Tertular Covid-19 Saat Liburan