Lifestyle

5 Tips Simpel untuk Merasa Lebih Bersyukur, Biar Hidup Lebih Ringan

Kezia Kevina Harmoko

Posted on December 5th 2021

(Foto: Storyset/Freepik)

Bersyukur sering disebut-sebut sebagai cara buat bahagia. Enggak salah kok, tapi memang nggak mudah dilakukan. Bersyukur bakal menjadi penyeimbang hal negatif yang hadir di kehidupan kita, bukan menganggapnya gak nyata ya. Kalau menganggap hal negatif itu nggak ada, jatuhnya jadi toxic positivity.

Nah, buat kamu yang ingin mulai lebih bersyukur biar hidup lebih mudah dijalani, ada beberapa tips nih. Lima langkah simpel ini dirangkun oleh psikiater bernama Dimitrios Tsatiris, M.D., seperti yang dilansir dari Psychology Today.

Ganti kata “harus” jadi “perlu”

Percaya atau enggak, penggunaan bahasa kita itu berpengaruh lho sama perasaan. Mungkin banyak yang merasa cemas di hari Minggu karena sebentar lagi sudah Senin karena mereka harus kembali sekolah, kuliah, atau kerja. Nah, ganti kata “harus” jadi “perlu”. Menggunakan kata “perlu” bikin kita merasa bahwa apa yang kita lakukan itu punya manfaat.

Memang tindakan ini gak mengubah beban tugas atau tanggung jawab yang ada. Namun, ini membantu kita mengapresiasi kesempatan belajar, bekerja, atau tanggung jawab yang lain.

Apresiasi orang lain

Kita gak mungkin bisa hidup sendirian. Berterima kasih pada orang lain jadi cara jitu mengekspresikan rasa syukur. Ungkapkan terima kasih buat teman yang suportif, orang tua yang peduli, dan siapa pun itu yang membantu kita hingga saat ini. Ini bakal meningkatkan perasaan bahagia dan bakal mengingatkan kita betapa mereka semua bermakna.

Stop membanding-bandingkan diri

Ini lumayan susah buat dilakukan memang. Apalagi sekarang gampang banget melihat hal positif dari orang lain, misal dari feeds Instagram atau isi LinkedIn. Namun, kita semua punya kondisi yang berbeda. Gak akan ada habisnya kalau kita membandingkan kelemahan diri dengan kelebihan orang lain. Lebih baik fokus ke target personal aja deh, kembangkan diri dari versi-versi diri yang sebelumnya.

Layani orang yang membutuhkan

Terkadang kita fokus ke masalah yang kita alami sendiri sehingga sulit buat bersyukur. Nah, kamu bisa mencegah hal tersebut dengan membantu orang lain. Entah itu volunteer atau tindakan spontan, kamu bisa merasakan emosi positif saat membantu orang lain.

Meditasi

Mungkin sulit buat kamu berpikir apa yang perlu disyukuri dari hidup. Untuk memudahkan, bisa mulai lakukan meditasi agar pikiran lebih tenang dan jernih. Banyak kok di YouTube atau Spotify tutorial meditasi yang ada arahannya, jadi kita tinggal mengikuti.

Nah, itu dia beberapa langkah simpel untuk bisa lebih bersyukur. Have a great day! (*)

 

Related Articles
Lifestyle
10 Ide Hal yang Bisa Kita Syukuri Meski Situasi Lagi Teramat Sulit

Lifestyle
3 Alasan Kenapa Bersyukur Tiap Hari Bisa Bikin Kesehatan Kita Lebih Baik!

Lifestyle
Yang Lain Susah Saat Pandemi, tapi Kita Merasa Baik-Baik Saja? Wajar kok...