Current Issues

BPOM: Perlu Uji Klinis Tambahan Jika Vaksin Merah Putih Akan Dijadikan Booster

Dwiwa

Posted on December 3rd 2021

Pixabay/kristyna_pixel

Kemunculan varian baru virus corona Omicron telah membuat booster alias vaksin penguat banyak direkomendasikan oleh para ahli. Di Indonesia pun, wacana untuk memberikan vaksin dosis ketiga juga semakin dipertimbangkan.

Salah satu yang dipertimbangkan adalah vaksin Merah Putih. Dilansir Antara, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito menjelaskan jika Vaksin Merah Putih akan digunakan sebagai booster, perlu uji klinis lanjutan.

“Sedang disiapkan, mungkin ada revisi untuk protokolnya (uji klinis). Jadi setelah vaksin premier dilanjutkan uji untuk vaksin booster,” kata Penny.

Dia menjelaskan jika saat ini perkembangan vaksin Merah Putih telah sampai pada tahap uji klinis fase dua yang dilakukan pada manusia sebelum diberikan izin penggunaan darurat oleh BPOM.

Tetapi bila digunakan sebagai booster, Penny menyebut jika vaksin buatan peneliti dari Universitas Airlangga (Unair) itu masih perlu uji klinis tahap lanjutan.

“Pengembangan dan uji klinis yang sedang berlangsung saat ini untuk menghasilkan vaksin primer, sehingga akan ada kemungkinan perubahan protokol uji klinis,” ujarnya.

Penny yakin jika pengembangan untuk vaksin penguat maupun efektivitas pada varian baru tidak akan membutuhkan waktu yang lama. Asalkan, seluruh tahapan vaksin primer sudah dilakukan.

Dia menambahka pengembangan vaksin dalam negeri merupakan terobosan baru, sehingga perlu menambah kapasitas produksi vaksin di Tanah Air, selain yang diproduksi PT Bio Farma.

BPOM pun tengah mendorong berbagai industri farmasi lain untuk mendukung perluasan kapasitas produksi, salah satunya PT Biotis Pharmaceutical Indonesia yang menjadi mitra dari Universitas Airlangga (Unair) dalam pengembangan vaksin Merah Putih.

“BPOM sedang mendampingi pengembangan vaksin Merah Putih bersama PT Biotis untuk segera mendapatkan cara pembuatan obat yang baik (CPOB) maupun fill and finish,” katanya. (*)

 

Artikel Terkait
Current Issues
Nakes Terima Dosis keempat Vaksin Covid-19 Hari Ini, Masyarakat Umum Kapan?

Current Issues
Meski Kasus Covid-19 Sudah Landai, Masyarakat Tetap Diminta Suntik Booster

Current Issues
Good News, Hasil Uji Praklinik Pertama Vaksin Covid-19 Unair Menjanjikan