Tech

Di Windows, Microsoft Berusaha Cegah Pengguna Download Chrome

Jingga Irawan

Posted on December 3rd 2021

Credit: The Verge

Microsoft tampaknya lebih suka pengguna Windows yang menggunakan Edge dari pada Chrome. Dilansir The Verge, Jum’at (3/11), perusahaan kini telah meningkatkan kampanyenya untuk membuat pengguna tetap menggunakan browser bawaannya.

Windows 10 dan Windows 11 mulai menampilkan perintah baru ketika pengguna mencoba menavigasi ke halaman unduhan Chrome, dalam upaya untuk mencegah pengguna memasang browser dari saingannya, Google.

Prompt baru ini berisi pesan seperti:

“Microsoft Edge berjalan pada teknologi yang sama dengan Chrome, dengan tambahan kepercayaan dari Microsoft.”

Browser itu sangat 2008! Apakah kamu tahu apa yang baru? Microsoft Edge.”

Permintaan ini umumnya muncul untuk PC Windows 11, tetapi tampaknya juga muncul untuk beberapa pengguna Windows 10. Ini juga bukan pop-up atau permintaan yang biasanya kalian temukan di dalam situs web. Mereka di-render secara asli oleh Edge, dan situs web lain tak dapat menampilkan perintah serupa.

Pesan ini sedikit berbeda dari peringatan yang ditampilkan Google saat kalian menjalankan Edge dan menggunakan layanan online-nya, yang muncul di halaman web saat mengunjungi layanan seperti Google Searching dan Gmail. Google juga menggunakan ini untuk mendorong pengguna beralih ke Chrome melalui Edge.

Peringatan baru Microsoft mencuat lebih dari tiga tahun setelah perusahaan pertama kali mulai menguji cara untuk memperingatkan pengguna Windows 10 agar tak menginstal Chrome atau Firefox. Tes tersebut tak pernah diluncurkan secara publik, tetapi sekarang perusahaan tampaknya sudah mulai memperluas peringatan.

Microsoft juga telah mempersulit untuk mengganti browser default di Windows 11 dan memaksa orang untuk menggunakan Edge melalui pembaruan Windows. Perintah pesan terbaru itu mengikuti kritik luas terhadap fitur Microsoft "Buy Now, Pay Later" langsung ke Edge yang mendorong pengguna untuk menggunakan layanan pembiayaan jangka pendek.(*)

Related Articles
Tech
Aplikasi Android Sudah Tersedia untuk Windows 11 di Beta Channel

Tech
Windows 11 Bakal Dapat Pembaruan Taskbar dan Menu ‘Start’

Tech
Microsoft Ganti 50 Jurnalis Kontrak di MSN dengan Robot