Tech

Manchester City Ajak Sony Bikin Stadion Virtual Ala-ala Metaverse, Penasaran?

Jingga Irawan

Posted on December 3rd 2021

Pembahasan dan proyek bisnis digital kini juga merebak ke industri sepak bola. Terbaru, klub juara Liga Inggris, Manchester City, bekerja sama dengan Sony untuk meluncurkan dunia virtual-reality bagi penggemar.

Keduanya akan membangun Stadion Etihad virtual dan menciptakan komunitas penggemar online global. Stadion virtual itu akan berbentuk replika dari stadion kandang City dan akan menampilkan pengalaman virtual, avatar, serta program loyalitas interaktif.

Anak perusahaan Sony, Hawk-eye, akan menggunakan analisis gambar dan teknologi pelacakan kerangka untuk membuat ulang Stadion Etihad secara digital agar dapat dijelajahi oleh para penggemar dengan avatar virtual, di mana penggemar juga dapat berinteraksi dengan City dan satu sama lain dalam metaverse.

“Di Manchester City, kami memiliki sejarah yang kuat terus merangkul teknologi terbaru untuk meningkatkan operasi kami, dengan fokus khusus pada mengeksplorasi cara untuk melibatkan dan menghibur basis penggemar global kami," kata Nuria Tarre, kepala pemasaran dan petugas pengalaman penggemar City Football Group, dikatakan.

"Kemitraan dengan Sony ini menempatkan City pada tahap pengembangan proyek menarik yang akan menciptakan pengalaman penggemar digital mendalam yang belum pernah terlihat sebelumnya di sepak bola. Kami menantikan untuk meluncurkan kolaborasi ini dan menyatukan teknologi terdepan industri Sony dengan Sony. jaringan global penggemar Manchester City."

Sony juga menggemakan visi Manchester City untuk memajukan hubungan klub dengan para penggemarnya melalui metaverse.

"Sony akan mendukung Manchester City untuk lebih meningkatkan nilai konten dan keterlibatannya dengan para penggemarnya di seluruh dunia," kata Toshimoto Mitomo, Pejabat yang bertanggung jawab atas Platform Inkubasi Kekayaan Intelektual dan Bisnis, Sony Group Corporation.

Manchester City bukan satu-satunya klub olahraga yang mempelajari metaverse. Di Amerika Serikat, National Football League baru-baru ini membuka toko virtual sebagai bagian dari video-game Roblox, dengan harapan dapat menjangkau penggemar dari dunia digital. Sementara, pembuat pakaian olahraga Nike menciptakan "Nikeland,” dunia virtual di Roblox pada akhir November.

Metaverse mengacu pada lingkungan bersama berkonsep virtual 3D online, di mana orang dapat bermain game, membangun sesuatu, bersosialisasi, bekerja bahkan mendapatkan aset kripto dalam dunia tersebut. Raksasa Crypto Grayscale mengatakan dalam sebuah laporan pekan ini bahwa metaverse bisa menjadi peluang pendapatan tahunan sebesar USD 1 triliun.(*)

Artikel Terkait
Tech
Bioskop AS & Sony Beri NFT Gratis untuk Pemesan Tiket Pre-Order "Spider-Man'

Tech
PlayStation di Rumahmu itu Ternyata Hanya Dirakit dalam 30 Detik

Tech
CEO Apple Tim Cook Sebut Perusahaannya Sedang Pelajari Kripto