Tech

Windows 11 Bakal Dapat Pembaruan Taskbar dan Menu ‘Start’

Jingga Irawan

Posted on December 2nd 2021

Credit: Microsoft

Rilis Windows 11 tahun ini telah menjadi banyak sorotan karena pembaruan tools seta fitur dari Windows sebelumnya dirasa tak lebih baik.

Tetapi sekarang, Microsoft mengumumkan Windows 11 Insider Preview Build 22509, dan membawa beberapa pembaruan taskbar yang paling dibutuhkan pengguna Windows serta upgrade menu start menjadi lebih bagus, termasuk menampilkan jam di beberapa monitor.

Hal pertama yang menarik perhatian dari pembaruan ini adalah waktu dan tanggal akan muncul di taskbar monitor lain. Saat ini, Windows 11 hanya menampilkan tanggal dan waktu di monitor utama, yang menjadi salah satu masalah untuk pengguna. Pasalnya, banyak pengguna harus menginstal aplikasi pihak ketiga seperti ElevenClock hanya untuk mendapatkan fitur dasar ini di Windows 11.

Pembaruan juga mencakup beberapa perbaikan taskbar, termasuk membuat ikon Start, Search, Tampilan Tugas, Widget, dan Obrolan tak lagi besar secara tiba-tiba ketika penskalaan sistem diatur ke 125 persen.

Windows 11 Insider Preview Build 22509 juga menyertakan opsi pada menu Start untuk mengakses pengaturan dengan cepat dan memilih antara tata letak "More pins" atau "More recommendation". Akses yang lebih cepat ke opsi ini dapat berguna bagi pekerja kantor.

Untuk pengguna Narator, Microsoft telah meningkatkan pengalaman menjelajah web dengan banyak fitur baru yang diaktifkan.

“Kami telah mengerjakan kumpulan peningkatan untuk penjelajahan web dengan Microsoft Edge dan Narrator. Secara khusus, mengetik di bidang edit sekarang bisa lebih cepat, saat bernavigasi di web, informasi yang lebih berguna disediakan, dan terakhir, pengguna akan memiliki pengalaman navigasi yang lebih konsisten dengan Narrator,” kata Microsoft dalam posting blog.

Beberapa perubahan kecil dan perbaikan pada aplikasi Setting akan memberi kemudahan bagi pengguna Windows 11.

Pembaruan baru akan datang ke channel Dev untuk Windows Insiders, yang berarti akan sampai ke semua pengguna Windows 11 membutuhkan waktu lebih lama. Pertama, pembaruan ini akan diluncurkan di channel pratinjau lainnya, dan ketika Microsoft siap baru akan diluncurkan ke versi rilis Windows 11.(*)

Related Articles
Tech
Bocor di Internet, Ternyata Tampilan OS Windows 11 Mirip Seperti Windows 10X

Tech
Catat! Microsoft Rilis Windows 11 Resmi Sebagai Free Upgrade 5 Oktober Nanti

Tech
Di Windows, Microsoft Berusaha Cegah Pengguna Download Chrome