Korea

10 Idol Kpop Teratas Spotify Ini Berubah Tiap Tahun, Siapa Aja?

Delima Pangaribuan

Posted on December 2nd 2021

(AllKpop)

Siapa yang udah nyobain Spotify Wrap 2021? Buat pengguna Spotify, fitur rekap akhir tahun ini adalah salah satu yang dinanti-nanti banget. Soalnya seru aja gitu, bisa ngelihat lagu apa aja yang paling sering kita dengerin sepanjang tahun. Nggak cuma lagu, kita juga bisa tahu artis dan genre musik favorit kita berdasarkan algoritma Spotify.

Di antara puluhan, bahkan mungkin ratusan genre musik yang tersedia di Spotify, K-Pop adalah salah satunya. Dan melihat gelombang budaya Korea alias Hallyu terus mendera tanpa ampun, nggak heran jika kemudian K-Pop menjadi salah satu genre terpopuler di Spotify
 
Namun, mengutip AllKpop, selama tiga tahun terakhir ini kita bisa ngelihat ada dinamika dalam jajaran teratas K-Pop. Ini menunjukkan bahwa K-Pop terus berkembang dengan artis-artis atau grup pendatang baru yang terus meramaikan industri musik besar Asia ini.
 
Seperti dihimpun AllKpop, berikut perbedaan daftar sepuluh artis K-Pop terpopuler selama tiga tahun terakhir.
 
2019
1. BTS
2. BLACKPINK
3. TWICE
4. EXO
5. Red Velvet
6. SEVENTEEN
7. Stray Kids
8. NCT 127
9. iKON
10. GOT7
 
2020
1. BTS
2. BLACKPINK
3. TWICE
4. Stray Kids
5. Red Velvet
6. EXO
7. SEVENTEEN
8. IU
9. NCT 127
10. (G)I-DLE 
 
2021
1. BTS
2. BLACKPINK
3. TWICE
4. Stray Kids
5. TXT
6. IU
7. SEVENTEEN
8. ITZY
9. EXO
10. Red Velvet
 
Dari daftar ini bisa dilihat jelas kalau tiga grup raksasa (BTS, BLACKPINK, TWICE) konsisten bertahan di tiga besar selama tiga tahun. Stray Kids mengalami peningkatan cukup signifikan dari 2019 ke 2020 dan bertahan di posisi 4 pada tahun ini. IU juga menunjukkan lompatan besar, dari 2019 yang nggak muncul lalu naik ke posisi 8 dan posisi 6 pada dua tahun terakhir. Perlu dicatat juga, IU merupakan satu-satunya solois yang masuk daftar ini, lho.
 
Kemudian ada nama-nama grup rookie seperti (G)I-DLE, TXT, dan ITZY yang mewarnai daftar ini, nunjukin kalau artis-artis baru pun berpeluang banget mencapai popularitas global yang luar biasa. Selain big three di atas, SEVENTEEN juga patut diapresiasi sebagai salah satu grup veteran yang bertahan di posisi yang konsisten, antara 6 dan 7.
 
Meski mengalami penurunan posisi cukup drastis, keberadaan EXO dan Red Velvet yang sama-sama dari SM Entertainment juga nggak bisa dianggap remeh. Dengan status sebagai grup angkatan kedua juga, mereka masih bisa bertahan bahkan unggul di antara grup-grup K-Pop yang lebih junior. NCT 127 pun sebagai grup SM turut masuk daftar selama 2019 dan 2020, namun harus berlapang dada tidak masuk pada 2021.
 
Gimana menurut Sobat Kpopers Mainmain, sepakat sama chart Spotify ini? Adakah idol group favorit kalian di sini? (*)
 
Artikel Terkait
Korea
Inilah 15 Artis KPop dengan Follower Terbanyak di Spotify

Korea
Wow, Seorang Army Bisa Habiskan Rp 20 Juta Setahun untuk Idolanya!

Entertainment
Ranking Idol Januari 2020 Diumumkan, Jimin BTS Bertahan di Peringkat 1