Current Issues

Varian Omicron Merajalela di Sejumlah Negara, Lakukan Hal Ini Agar Tak Terpapar

Dwiwa

Posted on December 1st 2021

Pixabay/MiroslavaChrienova

Varian baru virus Corona Omicron telah menyebar ke sejumlah negara di dunia. Meski belum diketahui secara pasti seperti apa dampak dari varian ini terhadap pandemi Covid-19, tetapi Omicron telah memicu kehawatiran tersendiri bagi para peneliti dan ahli kesehatan.

Sejauh ini, para peneliti masih terus melakukan penelitian untuk mengetahui lebih jauh tentang varian yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan ini. Tetapi yang pasti, pejabat kesehatan dan para ahli mengungkap jika langkah-langkah pencegahan yang selama ini dilakukan masih efektif untuk menghindarkan diri kita tertular varian baru ini.

Nah, untuk mengingat kembali bagaimana cara kita melindungi diri dari Covid-19, berikut langkah-langkah sederhana yang sudah terbukti bermanfaat untuk menurunkan risiko kita terpapar virus corona.

 

1. Dapatkan vaksinasi

Salah satu cara terbaik melindungi diri dan orang di sekitar kita adalah dengan mendapatkan vaksin. Saat ini vaksin sudah tersedia luas di Indonesia dan informasi soal lokasi pemberian vaksin juga semakin mudah diakses.

Tidak perlu memilih harus vaksin merek A atau B. Sebab, semua jenis vaksin yang digunakan di Indonesia sudah terbukti aman dan efektif memberikan perlindungan dari Covid-19 yang parah.

 

2. Gunakan masker dengan tepat

Mungkin kita sudah selalu memakai masker, tetapi sudahkah kita menggunakannya dengan tepat? Pasalnya, penggunaan masker yang tidak tepat tidak efektif mencegah paparan virus Corona.

Masker N95 memberikan perlindungan terbaik. Tetapi masker dari kain yang bisa dicuci ulang juga dapat memberikan perlindungan yang baik asalkan dibuat dengan lebih dari dua lapis. Kalian juga bisa menambahkan filter ke dalamnya untuk perlindungan yang lebih banyak.

Masker juga harus menutup hidung hingga mulut dan pas di wajah tanpa adanya celah. Sementara itu, ahli kesehatan mengatakan penggunaan kaca mata atau face shield tidak diperlukan untuk melindungi mata kecuali petugas kesehatan atau berada di situasi berisiko.

 

3. Cuci tangan dengan sabun di air mengalir

Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir masih menjadi cara terbaik untuk menghindarkan kita dari kuman, termasuk virus corona. Pastikan seluruh telapak tangan, sela-sela jari dan di bawah kuku dibersihkan dengan baik setidaknya 20 detik.

Dilansir CNN, mencuci tangan setidaknya 20 detik telah menunjukkan dapat menghilangkan mikroba dibanding waktu lebih singkay. Menyanyikan lagu “Happy Birthday” dua kali sambil mencuci bisa menjadi penanda waktu.

 

4. Gunakan hand sanitizer

Mencuci tangan dengan sabun adalah pilihan terbaik. Tetapi jika kita tidak menemukan air dan sabun, hand sanitizer yang mengandung setidaknya alkohol 60 persen juga bsa digunakan.

Cara menggunakannya sama seperti saat mencuci tangan. Seluruh bagian dari tangan kita harus terkena hand sanitizer, termasuk di antara jari dan di bawah kuku. Usap tangan dengan hand sanitizer sampai kering.

 

5. Pahami gejala dan lakukan tes

Batuk, demam, dan sesak napas adalah gejala umum dari Covid-19, penyakit yang disebabkan virus corona. Tetapi juga ada diare, mual dan muntah, kelelahan, kehilangan bau dan rasa, nyeri tubuh, kebingungan dan bahkan derilium.

Jika kalian telah terpapar virus corona, gejalanya mungkin akan muncul dalam waktu seminggu. Gejala biasanya muncul antara dua hingga 14 hari setelah terpapar virus, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Jika curiga terinfeksi, pergilah untuk mendapatkan tes ke pusat pengujian terdekat. Kalian bisa datang ke Puskesmas untuk mendapatkan tes gratis jika memang merupakan pasien suspek.

 

6. Turunkan risiko

Selain kelima cara di atas, kalian juga bisa melakukan beberapa hal lain untuk menurunkan risiko terpapar Covid-19. Itu termasuk dengan diam di rumah jika memang tidak memiliki urusan penting untuk keluar.

Tetapi jika kalian harus pergi keluar, jangan lupa untuk selalu memakai masker dan jaga jarak setidaknya 2 meter. Bahkan meskipun saat di luar ruangan, kalian tetap harus menjaga jarak dengan orang yang tidak tinggal serumah. Selain itu juga jauhi kerumanan dan kurangi mobilitas. (*)

 

Related Articles
Current Issues
Zona Merah Makin Banyak, 108 Daerah Punya Risiko Tinggi Covid-19

Current Issues
Bersiap Kembali ke Sekolah? 5 Hal Ini Wajib Kalian Siapkan

Current Issues
Seminggu Cetak 3 Kali Rekor! Yuk Makin Disiplin Protokol Covid-19