Sport

Kejurda Esports Jatim Tuntas, Sebaran Juara Lebih Merata

Dika Afandi N

Posted on November 29th 2021


Kejuaraan Daerah (Kejurda) Esports Jawa Timur (Jatim) telah tuntas. Agenda Pengprov Esports Indonesia (ESI) Jatim ini resmi berakhir pada Minggu (28/11) petang. Yang menarik, sebaran juara di lima divisi yang dilombakan rupanya sangat merata. Tidak melulu didominasi oleh kota besar seperti Surabaya.

Kejurda Esports 2021 dilaksanakan sebagai pemanasan untuk menyongsong Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII 2022. Selain itu, ajang ini sekaligus menjadi langkah awal menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024. Event ini melombakan lima divisi, yakni PUBG Mobile, PES (eFootball), Free Fire, Mobile Legends, dan LokaPala.

Jika melihat sebaran peserta di kelima divisi yang dilombakan itu, wakil Surabaya ternyata tidak dominan. Juara di masing-masing divisi tersebar dari pelbagai kota dan kabupaten lainnya di Jatim. Dari divisi PUBG Mobile, misalnya. Peringkat pertama justru disabet wakil Situbondo. Utusan Tulungagung dan Lamongan menghuni posisi kedua dan ketiga.

Demikian halnya dari divisi Free Fire di mana wakil Kota Malang berjaya. Kemudian disusul wakil Nganjuk dan Kabupaten Mojokerto. "Ini membuktikan bahwa ternyata banyak bakar terpendam. Selama ini mereka kurang ajang untuk menunjukkan prestasinya. Kami berharap ini terus berkembang. Teman-teman semakin semangat. Pemerintah juga support. Sehingga kita bisa terus membuat lomba-lomba semacam ini," terang Bryan Suwanto, Ketua Penyelenggara Kejurda Esports Jatim 2021.

Bryan mengungkapkan, perkembangan esports di Indonesia sungguh luar biasa. Mencapai jutaan pengguna. Akan tetapi olahraga ini acap kali mendapatkan stereotip negatif. Utamanya dari kalangan orang tua. Dianggap anak bermain game tidak memiliki masa depan cerah. Padahal, jika benar-benar serius, esports bisa menjadi ladang menjanjikan. Tidak hanya menjadi gamers saja, tapi banyak bidang lain yang terkait di dalamnya.

"Prinsipnya harus disiplin. Harus bisa mengatur waktu antara olahraga ini dengan pendidikan formal. Sepanjang semuanya dilakukan dengan disiplin, orang tua pasti akan mendukung. Kami dari Dispora dan KONI Jatim akan bahu-membahu untuk memfasilitasi semua kegiatan yang positif dari generasi muda. Terutama olahraga pada khususnya," bilang Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jatim, Pulung Chausar. (*)

Hasil Kejurda Esports Jatim 2021
*PUBG Mobile
ESI One Situbondo
AJFC Tulungagung
ESI Lamongan

*PES (eFootball)
Adam Adhe (Kab Malang)
Firman Mahdi (Surabaya)
Abdul Ghony (Kab Mojokerto)

*Free Fire
ESI Kota Malang
ESI Nganjuk
ESI Kab Mojokerto

*Mobile Legends
ESI Surabaya
Underdog Lumajang
Jellybean Ponorogo

*LokaPala
ESI Pasuruan
ESI Lamongan
ESI Mojokerto

Artikel Terkait
Esports
Pengprov ESI Jatim Bikin Turnamen Esports untuk Pemanasan Porprov dan PON 2024

Esports
Esports Jatim Diharapkan Leading di PON 2024

Sport
UEFA Euro 2020 Pasti Ada, Tapi di eFootball PES 2020!