Tech

India Imbau Warganya untuk Tak Pesan Starlink Sampai Dapat Lisensi

Jingga Irawan

Posted on November 28th 2021

India telah menginstruksikan warganya untuk tak memesan Starlink, layanan internet berbasis satelit milik perusahaan Elon Musk SpaceX. Seperti yang ditulis dalam laporan Reuters, pemerintah India mengatakan bahwa perusahaan itu perlu mendapatkan lisensi untuk beroperasi di negaranya sebelum mulai menggunakan layanannya.

“Masyarakat disarankan untuk tak berlangganan layanan Starlink yang diiklankan,” bunyi tweet dari Departemen Telekomunikasi (DoT) India. DoT juga meminta Starlink untuk menghentikan promosi atau memberikan layanan internet satelit di India. Dengan kata lain, Starlink harus menunda pre-order hingga mendapatkan persetujuan dari pemerintah India.

Starlink menghadapi pengawasan dari pemerintah India pada bulan April, ketika DoT mulai memeriksa apakah peluncuran beta Starlink melanggar undang-undang telekomunikasi India.

Langkah DoT itu muncul ketika Broadband India Forum (BIF), sebuah forum kebijakan independen yang mewakili perusahaan Teknologi Besar seperti Amazon, Google, Microsoft, dan Facebook, mendorong DoT untuk menghentikan pre-order perangkat Starlink tanpa izin atau lisensi.

Reuters menyatakan bahwa sejak Starlink secara resmi mendaftarkan bisnisnya di India pada 1 November, telah mendapat lebih dari 5.000 pre-order di negara tersebut. Tidak ada kabar apakah pre-order yang sudah masuk akan dibatalkan, atau apakah pelanggan harus menunggu sedikit lebih lama sampai perusahaan mendapat izin atau lisensi resmi.

Layanan internet satelit Starlink berencana untuk menyebarkan 200.000 perangkat di India pada 2022, dengan 80 persen berlokasi di daerah pedesaan. Saat ini, Starlink memiliki sekitar 140.000 pengguna beta di 20 negara berbeda. Menurut Elon Musk, diperkirakan bakal ada lebih dari 500.000 pelanggan Starlink selama tahun depan.(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Tech
SpaceX Akan Angkut Manusia ke Mars 10 Tahun Lagi

Tech
Elon Musk Siapkan Rp 436,7 Triliun untuk Proyek Internet Satelit Starlink

Tech
Tesla Bakal Sediakan Sistem Internet Satelit Starlink di Stasiun Supercharger