Portrait

Interpretasi Neraka ala Sutradara Hellbound yang Terinspirasi Masa Kuliah

Delya Oktovie Apsari

Posted on November 26th 2021

Sutradara film megahit Train to Busan ini menghadirkan 'neraka' versi dirinya melalui serial Hellbound di Netflix. (Netflix)

 

Masa kuliah Yeon Sang Ho, sutradara Hellbound, rupanya banyak berperan dalam caranya menginterpretasi neraka. Dalam wawancaranya bersama The Korea Herald, Yeon Sang Ho banyak berbicara soal sumber imajinasinya tentang neraka, termasuk jurusannya ketika kuliah di Sangmyung University.

"Ketika aku mempelajari seni rupa, aku belajar bahwa salah satu aspek terpenting dalam seni adalah menggambar dan mengekspresikan dunia dari pandangan asli sang seniman. Walaupun aku membuat sesuatu yang berbeda dari lukisan, aku selalu berusaha menyimpan pesan ini dalam hatiku, ketika aku memproduksi film ataupun drama. Ini akan terus kulakukan di proyek selanjutnya," tutur lulusan jurusan Western Painting tersebut.

Prinsip ini juga ia pegang teguh saat memproduksi pembuka Hellbound dan dalam pemilihan judul serial. Rupanya, ia tidak banyak berpikir soal judul. Ia memilih kata yang menjelaskan karyanya secara lugas. Dalam Bahasa Korea sendiri, judul Hellbound hanyalah jiug, alias neraka. 

"Aku jadi benar-benar penasaran tentang bagaimana kata 'neraka' pertama kali diciptakan. Berdasarkan pengalaman apa yang pendahulu kita lewati untuk menemukan kata ini walaupun tidak ada orang yang melihat bagaimana neraka itu. Imajinasi ini yang memberiku motivasi besar untuk membuat serial ini," jelas pria di balik The Kings of Pigs (2011) serta The Fake (2013) itu.

Video pembuka serial Hellbound juga menarik untuk ditonton, walau dalam warna monokrom. Manusia dan benda-benda di sekitarnya pun hanya terlihat bagian dalamnya saja. Yeon Sang Ho menjelaskan, itu adalah interpretasinya tentang bagaimana Tuhan memandang manusia.

"Walau kehidupan sehari-hari bisa emosional dan menantang, Tuhan mungkin tidak merasakan hal yang berbeda ketika melihat kehidupan manusia. Untuk memvisualisasikan ide ini, aku memilih pandangan fluoroscopic tanpa kerja kamera yang khusus. Saya senang mendengar bahwa beberapa pemirsa menganggap pembukanya menarik," ucapnya.

Berkat keteguhan prinsipnya, Hellbound kini menjadi acara TV yang paling banyak ditonton di Netflix dalam satu minggu. Hellbound pun memuncaki ranking mingguan untuk program yang tidak berbahasa Inggris. (*)

 

Related Articles
Korea
5 Drakor ini Tayang November, Hellbound Diharapkan Hits Layaknya Squid Game

Korea
Penasaran Konsep Neraka: Alasan Yoo Ah In Bergabung dengan Hellbound

Opinion
REVIEW Hellbound: Ketika Makhluk Neraka Kalah Seram dengan Manusia