Tech

Spotify Uji Feed Video Pendek, Sengaja Mirip TikTok?

Jingga Irawan

Posted on November 26th 2021

Credit: Getty Images

Raksasa audio streaming, Spotify, saat ini sedang menguji fitur baru bernama Discover. Disebut mirip TikTok, dengan fitur ini pengguna bisa scrolling feed video berbentuk vertikal melalui versi teranyar dari Spotify iOS beta. Fitur ini pertama kali ditemukan oleh Chris Messina dan men-tweet bahwa itu muncul pada ikon keempat di toolbar iOS Spotify.

Discover menjadi cara bagi pengguna untuk menemukan musik baru dengan intuitif dan cepat, hanya dengan menggeser ke atas dan ke bawah untuk menelusuri feed. Kalian dapat menekan tombol berbentuk love untuk menyukai lagu tersebut dan bisa menekan ikon tiga titik untuk melihat informasi standar Spotify tentang lagu yang kalian putar.

Menurut Chris Messina, formatnya menggunakan Canvas. Di mana artis dapat membuat video itu agar sesuai dengan lagunya, bukan cuma sekadar gambar ilustrasi dan bisa muncul di lagu tertentu. Jadi, ketika kalian memutar lagu yang muncul bukan hanya gambar sampul album standar.

Konten video singkatnya juga bisa terlihat dalam bentuk video standar atau media campuran, bersama dengan grafik 2D dan 3D. Saat meluncurkan fitur tersebut, Spotify memberi tahu artis bahwa Canvas dapat meningkatkan metrik engagement seperti sharing, memperkaya playlist, dan mengunjungi halaman profil.

Spotify mengonfirmasi bahwa perusahaan memang sedang menguji fitur tersebut, tetapi menolak untuk membagikan detail lebih lanjut.

"Di Spotify, kami secara rutin melakukan sejumlah tes dalam upaya meningkatkan pengalaman pengguna. Beberapa dari tes tersebut akhirnya membuka jalan bagi pengalaman pengguna kami yang lebih luas dan yang lainnya hanya berfungsi sebagai pembelajaran penting. Kami tak memiliki berita lebih lanjut untuk dibagikan saat ini,” kata seorang juru bicara.

Spotify bukan perusahaan pertama yang meniru desain fitur dari aplikasi TikTok. Reels di Instagram dan YouTube Shorts adalah tiruan TikTok yang lebih lama. Bahkan, Netflix baru-baru ini memperkenalkan feed komedi mirip TikTok yang disebut Fast Laughs. Belum jelas apakah fitur Spotify akan keluar dari versi beta atau kapan diluncurkan resmi.(*)

 

Artikel Terkait
Tech
Google Uji Coba Tampilkan Hasil Pencarian Berbentuk Video TikTok dan Instagram

Tech
Twitter Kembangkan Tweet Take, Fitur Retweet dengan Reaction Video

Tech
TikTok Luncurkan Creator Next, Bisa Jadi Ladang Cuan Bagi Kreator