Entertainment

5 Bentuk Micro-Cheating, Selingkuh Mini yang Bisa Merusak Hubungan

Kezia Kevina Harmoko

Posted on November 25th 2021

(Foto: Raw Pixel)

Kalau mendengar kata selingkuh atau cheating, yang terlintas pasti kondisi saat si doi punya hubungan dengan orang ketiga. Memang benar, tapi ada juga lho yang namanya micro-cheating. Apa tuh?

Sesuai namanya, micro-cheating adalah tindakan ketidaksetiaan yang nggak sebesar menjalin hubungan dengan orang ketiga. Time mendefinisikannya sebagai sekumpulan perilaku yang ada di antara kesetiaan dan ketidaksetiaan. Cosmopolitan menyebutnya sebagai hal kecil yang menyiratkan ketidaksetiaan.

Dilansir dari Psychology Today, seorang seksolog bernama Robert Weiss merangkum beberapa hal yang umum dianggap sebagai micro-cheating. Nih, simak beberapa di antaranya.

1. Menggoda

2. Tampil berbeda untuk orang tertentu

3. Aktif nge-chat atau berbincang dengan orang lain selain pasangan

4. Aktif memberi like dan komentar di unggahan orang lain

5. Punya aplikasi kecan meski tidak digunakan

Kalau si doi tahu tentang micro-cheating ini, mungkin dampaknya tidak sebesar ketika menemukan bahwa si pasangan menjalin hubungan dengan orang lain. Mangkanya disebut micro. Lalu, ukuran micro-cheating bagi tiap pasangan juga bisa berbeda-beda. Ada yang menganggap cuma nge-like post Instagram orang lain itu biasa aja, ada yang menganggap itu masalah besar.

Meski ukurannya mikro, cheating tetaplah cheating. Bukan tentang tindakannya sebenarnya, tapi yang menjadi masalah adalah merahasiakan sesuatu dari pasangan dan bagaimana rahasia itu dapat berdampak.

Glass (2003) dalam Timm & Hertlein (2020) mencetuskan tiga ciri sebuah perilaku terhitung sebagai cheating. Apa ada kerahasiaan ketika melakukannya? Apa ada kedekatan emosional? Apa ada kedekatan yang bernada seksual? Kalau ketiganya ada, itu peringatan keras buat dihindari.

Dan lagi, meski ukurannya kecil, tetap micro-cheating dapat merusak kepercayaan pasangan. Kalau dilakukan terus, selingkuh versi mini ini juga dapat meningkatkan kemungkinan selingkuh versi full-blown. Jadi, lebih baik sama sekali tidak melakukannya deh. Diskusikan juga sama doi apa aja tindakan yang terhitung sebagai cheating, biar batasannya jelas. (*)

Related Articles
Entertainment
Hubungan Pacaran Kalian Sehat atau Nggak? Cek dengan 5 Kebiasaan Ini!

Lifestyle
Kenapa Silent Treatment Lebih Menyakitkan dari Bertengkar Hebat sama Pasangan?

Lifestyle
17 Kalimat Andalan Pasangan Toxic Ini Bisa Menghancurkan Hubungan