Current Issues

3 Ide Simpel Mengapresiasi Guru Kesayanganmu di Hari Guru Nasional

25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional

Kezia Kevina Harmoko

Posted on November 25th 2021


(Ilustrasi: pikisuperstar/Freepik)

Hayo, ingat nggak kalau hari ini Kamis (25/11) dirayakan sebagai Selamat Hari Guru Nasional? Yup, hari ini hari yang spesial banget lho buat para guru yang selama ini sudah membagikan ilmunya ke kita!

Buat yang penasaran kenapa kok Hari Guru Nasional jatuh di hari ini, alasannya simpel kok. Beberapa bulan setelah Indonesia merdeka, para guru membentuk Persatuan Guru Republik Indonesia pada 25 November 1945. Nah, saat itu memang tanggal tersebut belum ditentukan sebagai hari nasional. Baru ketika 1994 tanggal tersebut sekalian dijadikan Hari Guru Nasional!

Nah, buat kalian yang ingin mengapresiasi jasa para guru kesayangan kalian di hari spesial ini, coba deh beberapa ide simpel ini.

Buat kumpulan surat

Kalau kelasmu kompak dan bisa diajak kerja sama, coba deh kumpulkan pesan setiap anak buat guru yang ingin diberi kejutan. Pesan-pesan tersebut nantinya dijadikan surat. Pakai Canva aja biar lebih praktis, pilih desain yang mirip surat gitu. Nah, setelah semua surat jadi, kirimkan deh ke guru yang bersangkutan. Bisa pakai nama atau anonim juga boleh.

Virtual background

Hari ini ada kelas bareng guru yang mau diberi kejutan? Nah, ini momen yang tepat buat pakai virtual background yang bertemakan hari guru. Bisa tuh buat ucapan selamat hari guru di virtual background. Mungkin bisa juga foto bapak/ibu gurunya dimasukkan ke virtual background. Cari foto yang bagus ya, jangan foto aib.

Video ucapan

Kalau kelasmu gercep, bisa nih bikin ucapan dengan format video. Kalau jumlah anaknya banyak, bisa buat video singkat dengan mengucapkan “Selamat Hari Guru” atau “Terima kasih pak/bu” berbarengan. Kalau jumlah anaknya sedikit, bisa ditambah pesan apresiasi buat guru yang bersangkutan.

Nah, itu dia beberapa ide mengapresiasi guru di Hari Guru Nasional. Yuk, segera dieksekusi~

Related Articles
Current Issues
3 Fakta Penting yang Harus Kamu Tahu Tentang Hari Guru Nasional 2019

Portrait
Dodit Mulyanto Curhat Gaji Guru Kecil dan Administrasi Ribet

Opinion
Beratnya Menjadi Kelas Sulung di Sekolah