Lifestyle

Lakukan Kebiasaan Makan Ini dan Ucapkan Selamat Tinggal Pada Perut Buncit

Dwiwa

Posted on November 24th 2021

Pixabay/RitaE

Memiliki tubuh ideal dengan perut rata sudah menjadi sebuah tren di sebagian kalangan. Berbagai upaya pun dilakukan agar bisa mendapatkan bentuk tubuh ini. Sayangnya, tidak semua kebiasaan makan baru yang dijalani selalu memberikan hasil memuaskan.

Lalu, kebiasaan seperti apa sih yang bisa dengan efektif membantu kita mendapatkan perut rata? Dilansir dari Eat This, Not That!, berikut beberapa kebiasaan makan yang dapat membantumu lebih cepat mengucapkan selamat tinggal pada perut buncit.

1. Tingkatkan asupan cairan

Minum air dalam jumlah yang cukup baik untuk kesehatan. Tetapi menurut para ahli, ini juga penting loh untuk membantu mendapatkan perut yang rata.

“Minum setengah dari berat badan kita dalam ons setiap hari,” saran Samantha McKinney, RD, CPT, ahli gizi terdaftar dan personal trainer di Life Time. “Ini tidak hanya menghidrasi, mendetoksifikasi, dan meningkatkan energi, tetapi juga membantumu secara alami membatasi asupan soda, minuman kopi manis, dan minuman manis lainnya.

2. Perbanyak protein

Meningkatkan asupan protein tidak hanya membuat kita kenyang lebih lama, tetapi juga mempermudah upaya dalam mendapatkan perut rata dengan cara mengganti makanan kurang sehat dalam diet.

“Konsumsilah satu gram protein per pon berat badan ideal sepanjang hari melalui makanan dan camilan sepanjang hari,” saran McKinney. “Mendapatkan cukup protein secara alami membantu menstabilkan gula darah dan insulin, serta membantu menyingkirkan keinginan untuk makanan olahan karena sangat mengenyangkan.”

3. Penuhi dengan sayuran

Jika kalian ingin mendapatkan perut rata, mengisi piring dengan banyak sayuran adalah salah satu jalan tercepat. McKinney merekomendasikan makan lima sampai tujuh cangkir sayuran non-tepung per hari untuk membantu kalian memunculkan abs.

“Ini menyediakan berbagai vitamin, mineral, dan fitonutrien. Ini juga memberikan serat penghilang rasa lapar yang membantu menyeimbangkan hormon dan mengatur nafsu makan kalian,” jelas McKinney.

4. Makan perlahan

Cara terakhir adalah makan dengan pelan. Meluangkan lebih banyak waktu untuk menikmati makanan dapat membantu meratakan perut kalian.

“Ada dua penyebab utama gas dan kembung: menelan udara dan karbohidrat,” jelas Trista Best, MPH, RD, LD, ahli diet terdaftar dengan Balance One Supplements. “Makan terlalu cepat dapat menyebabkan kalian menelan lebih banyak udara dari biasanya dan menyebabkan kembung.”

Selain itu, sejumlah penelitian juga telah mengungkap jika makan cepat berpotensi meningkatkan bobot tubuh. Sebab, makan terlalu cepat cenderung membuat orang makan dengan jumlah yang lebih banyak.(*)

Related Articles
Interest
Lagi Diet Tapi Masih Pengen Nyemil? Simak Yuk Tipsnya

Lifestyle
Ingin Berumur Panjang? Aturan Diet Jepang Ini Bisa Dicoba

Lifestyle
Kenapa Sih Ucapan ‘Diet Mulai Besok‘ Gak Bakal Terlaksana?