Entertainment

The Weeknd Tetap Masuk Nominasi Grammy Awards 2022 Meski Memboikot Grammy

Kezia Kevina Harmoko

Posted on November 24th 2021


(Foto: Getty Images)

The Weeknd tetap masuk jadi nominasi di ajang penghargaan Grammy Awards 2022 meski sempat memboikot ajang penghargaan tersebut. Namun, nominasi yang melibatkan namanya adalah karya kolaborasi, bukan karya solonya.

Penyanyi bernama asli Abel Tesfaye ini mendapat nominasi Best Melodic Rap Performance berkat kolaborasinya dengan Kanye West dan Lil Baby buat lagu Hurricance. Abel juga terlibat dalam dua album yang masuk dalam nominasi Album of the Year yaitu Donda milik Kanye West dan Planet Her (Deluxe) milik Doja Cat.

Sistem Grammy Awards adalah karya yang masuk nominasi haruslah dikirimkan oleh sang artis atau label artis tersebut. Setelah dikirimkan baru deh proses penilaian berdasarkan voting dari anggota Recording Academy dilakukan.

Pelantun Save Your Tears ini memboikot Grammy pada Maret tahun ini setelah sama sekali tidak mendapatkan nominasi. Padahal, album After Hours miliknya terhitung teramat sukses dan hits banget. Abel kecewa dan menyebut ajang penghargaan tersebut tidak transparan dan korup. Dari sana, ia memboikot Grammy dengan cara melarang timnya mengirimkan karyanya pada ajang tersebut.

Untuk nominasi Best Melodic Rap Performance yang didapat Abel, nominasi tersebut datang dari lagu milik Kanye West. Ini berarti bahwa bukan Abel sendiri yang mengirimkan karya ke Recording Academy melainkan dari pihak Kanye.

September 2020 lalu, Kanye sendiri pernah punya masalah Grammy, tepatnya piala Grammy. Rapper tersebut sempat berselisih dengan label yang menaunginya, Sony dan Universal. Saat itu ia mempermasalahkan kepemilikan master musiknya yang tidak bisa ia miliki, tetapi dipegang oleh label. Alhasil ia protes panjang di Twitter dan merekam video ia mengencingi piala Grammy.

Di luar itu, The Weeknd telah berkolaborasi bareng Post Malone buat lagu catchy One Right Now. Lagu tersebut punya video musik yang menegangkan banget seperti film action. Kanye sendiri telah memberikan pertanda akan berdamai dengan Drake dengan pengumuman bahwa mereka akan tampil bareng di konser amal. Nah, mari kita lihat apakah Abel dan Kanye akan memenangkan Grammy?

Related Articles
Entertainment
Kanye West Batal Tampil di Grammy Awards 2022 karena Tingkahnya di Media Sosial

Entertainment
Bos Grammy Awards Sebut Tindakan The Weeknd Memboikot Grammy “Tak Mengganggu”

Entertainment
Kanye West Akan Rilis Album ‘Donda’, Diduga Berkolaborasi Bareng The Weeknd