Korea

Siswa SMA Korea Utara Dihukum Berat Usai Nonton 'Squid Game'

Delima Pangaribuan

Posted on November 24th 2021

(AllKpop)

Baru-baru ini, sekelompok pelajar SMA di Korut dikabarkan tertangkap menonton drama Korea Selatan dan akhirnya dijatuhi hukuman. 

Melansir AllKpop, kantor berita Amerika Serikat di Korut yakni Radio Free Asia (RFA) melaporkan kejadian tersebut pada 23 November 2021. Sejumlah siswa SMA dihukum berat setelah ketahuan diam-diam menonton Squid Game. Dalam laporan pemberitaan tersebut, RFA menjelaskan bahwa insiden yang menimpa tujuh siswa ini terjadi di Chongjin, Provinsi Hamgyeong Utara. 

"Mereka ketahuan dalam inspeksi Staf Komando Gabungan 109. Penduduk yang mengimpor USB berisi drama Korea tersebut ditembat mati ditempat dan para siswa yang membeli USB ini dijatuhi hukuman penjara seumur hidup, sementara siswa lain yang menonton bersama dihukum lima tahun kerja sosial," tulis RFA.

Sumber RFA juga menjelaskan bahwa ketujuh siswa ini ketahuan setelah salah seorang dari mereka memberi tahu teman-teman yang lain bahwa mereka menonton Squid Game. USB itu sendiri diedarkan di kalangan mereka sebelum mereka tertangkap oleh petugas inspeksi.

"Korea Utara menganggap ini sebagai isu besar karena inilah pertama kalinya pelanggaran remaja tertangkap dan diproses setelah (pemerintah) memperkuat sensor terhadap konten asing," lanjut RFA. Pemerintah setempat pun bermaksud memperketat pengawasan mengingat perbatasan seharusnya lebih tertutup selama pandemi Covid-19. Hukuman kepada para pelanggar juga diperberat karena alasan pandemi tersebut.

Nggak cuma para siswa dan pemasok USB, beberapa pihak juga kena imbas hukuman. Antara lain kepala sekolah, sekretaris sekolah, dan wali kelas siswa tersebut. Mereka diberhentikan dari jabatan dan dikeluarkan dari daftar keanggotaan partai nasional. (*)

Related Articles
Korea
Heo Sung Tae Ceritakan Ketakutannya Syuting Adegan Ekstrem Squid Game

Korea
Begini Komentar Media Korea Utara Soal Serial Netflix 'Squid Game'

Entertainment
Suka Banget sama Serial ‘Squid Game’? Ini Beberapa Teori Psikologi yang Muncul