Interest

Bill Gates Punya Saran Buku yang Bisa Kalian Baca Saat Liburan, Ini Daftarnya

Jingga Irawan

Posted on November 24th 2021

Credit: Getty Images

Ada banyak jajaran orang pintar di bumi ini yang inovasinya bikin geleng-geleng kepala. Seperti Elon Musk, Steve Jobs, Mark Zuckerberg hingga Bill Joy. Di antara kalian pasti pernah merasa heran, kok ada ya orang sepintar mereka atau bertanya-tanya mereka itu makan apa sih sampai sukses begitu? Bahkan mungkin, kalian pernah berpikir buku-buku seperti apa sih yang dibaca ketika di rumah?

Nah, salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates —salah satu pengusaha sukses abad ini— menerbitkan sebuah video tentang judul-judul buku yang ia baca tahun ini. Pengusaha berusia berusia 66 tahun itu merekomendasikan lima buku yang ia nikmati pada penonton sepanjang 2021.

Dari deretan judul ini, mungkin kalian jadi punya pandangan tersendiri soal bacaan orang-orang berpengaruh di dunia. Ternyata, nggak semua tentang sains dan teknologi lho, gengs. Ada juga bertema keluarga. Apa aja ya? Ini daftarnya!

Project Hail Mary, oleh Andy Weir

Seperti kebanyakan dari kita, Bill mengenal sosok Andy Weir melalui buku terlarisnya tahun 2011, The Martian. Novel baru ini melibatkan seorang guru sains sekolah menengah yang terbangun di sistem bintang yang berbeda tanpa ingatan tentang bagaimana dia sampai di sana. "Ini bacaan yang menyenangkan, dan aku menyelesaikan semuanya dalam akhir pekan," tulis Bill.

Hamnet, oleh Maggie O'Farrell

Hamnet karya Maggie O'Farrell menggunakan kisah nyata dari kehidupan William Shakespeare untuk membuat cerita fiksi. Putra Shakespeare, Hamnet, meninggal pada usia 11 tahun, dan kemudian  Shakespeare menulis naskah terkenal tragedi Hamlet.

Bill Gates menyebut novel itu mengharukan, dan berkata, "Saya sangat senang membaca tentang istri (Shakespeare), Anne, yang digambarkan di sini sebagai sosok yang hampir supranatural."

Klara and the Sun, oleh Kazuo Ishiguro

Kazuo Ishiguro, penulis Never Let Me Go dan The Remains of the Day, di antara novel lainnya, memiliki cerita baru tentang dunia dengan robot super cerdas.

"Saya suka cerita robot yang bagus, dan tak terkecuali novel Ishiguro tentang 'teman buatan' untuk seorang gadis muda yang sakit ini," tulis Bill.

"Buku ini membuat saya berpikir tentang seperti apa kehidupan dengan robot super cerdas dan apakah kita akan memperlakukan mesin semacam ini sebagai bagian dari teknologi atau sebagai sesuatu yang lebih."

The Code Breaker: Jennifer Doudna, Genne Editing, and the Future of Human Race, oleh Walter Isaacson

Ini merupakan salah satu daftar buku milik Bill Gates tentang topik yang jarang dipikirkan orang kebanyakan. The Code Breaker karya Walter Isaacson menyelidiki penemuan sistem pengeditan gen CRISPR. Tentu saja, Bill Gates sudah nggak asing dengan teknologi semacam ini.

"Saya mengenalnya karena pekerjaan saya (di Bill & Melinda Gates Foundation), kami mendanai sejumlah proyek yang menggunakan teknologi," tulisnya.

"Tapi saya masih belajar banyak dari buku yang komprehensif dan mudah diakses ini tentang penemuannya oleh ahli biokimia pemenang Hadiah Nobel Jennifer Doudna dan rekan-rekannya."

A Thousand Brains: A New Theory of Intelligence, oleh Jeff Hawkins

Ini buku nonfiksi lain untuk para pecinta sains. Jeff Hawkins, pencipta Palm Pilot, menulis A Thousand Brains tentang hubungan antara ilmu saraf dan pembelajaran mesin.

"Beberapa pelajaran telah menangkap imajinasi penulis fiksi ilmiah seperti kecerdasan buatan," tulis Bill Gates. "Jika kalian tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang diperlukan untuk membuat AI sejati, buku ini menawarkan teori yang menarik."(*)

Related Articles
Tech
Microsoft Ganti 50 Jurnalis Kontrak di MSN dengan Robot

Current Issues
On This Date: 4 April 1975, Bill Gates dan Paul Allen Lahirkan Microsoft

Current Issues
Bill Gates Mundur dari Microsoft, Ini Alasannya