Entertainment

‘Hawkeye’: Kapan Petualangan Kate Bishop dan Clint Barton di Timeline Marvel?

Jingga Irawan

Posted on November 24th 2021

Credit: Marvel Studios

Penggemar Marvel bakal kembali menikmati petualangan mengasyikkan, karena Hawkeye bakal segera dirilis. Serial ini mengikuti kisah veteran superhero Clint Barton (Jeremy Renner) bekerja sama dengan hero pemula, Kate Bishop (Hailee Steinfeld), di New York City.

Serial Disney Plus ini menampilkan kehidupan Clint setelah semua yang dia lalui di Marvel Cinematic Universe, mulai dari keluarganya yang diambil oleh Thanos hingga kehilangan sahabatnya Natasha Romanoff alias Black Widow (Scarlett Johansson) ketika mereka mengejar Soul Stone. Tetapi kapan sih timeline Hawkeye dalam MCU? Ini dia penjelasannya!

Timeline Hawkeye

Sangat mudah menebak bahwa Hawkeye berlatar suasana Natal dengan semua dekorasi meriah dan obrolan tentang musim dingin. Menurut sutradara Hawkeye, Rhys Thomas, itu terjadi dua tahun setelah peristiwa Endgame.

Yuk kita buat kronologinya! Loki terjadi di tengah-tengah Endgame, karena versi Loki (Tom Hiddleston) yang kita ikuti adalah versi yang lolos dari Avengers selama pesta pora perjalanan waktu mereka ketika kembali ke Battle of New York pada tahun 2012.

Sementara, diketahui bahwa Shang-Chi berlatar belakang setelah Endgame, tapi tak diketahui kapan tepatnya, dan WandaVision berlangsung tiga minggu kemudian. The Falcon and The Winter Soldier berlatar enam bulan setelah Endgame, dengan Spider-Man: Far From Home mengambil setting delapan bulan setelah film blockbuster tersebut.

Eternals juga ditempatkan delapan bulan setelah Endgame, meninggalkan Hawkeye, yang berlatar dua tahun setelah pertempuran terakhir melawan Thanos terjadi.

Avengers: Endgame berlangsung dari 2018 hingga 2023, jadi lompatan waktu dua tahun secara teoritis akan membawa kita ke 2025. Kecuali ada kemungkinan besar Hawkeye terjadi selama liburan 2024, mengingat tak ada proyek MCU lain yang terjadi lebih lambat dari 2024.

Episode pertama mengambil hanya beberapa hari sebelum Natal, jadi jelas bahwa Hawkeye terjadi di minggu-minggu terakhir tahun 2024. Itu menempatkannya di tahun yang sama dengan Spider-Man: Far From Home dan Spider-Man: No Way Home mendatang. Berikut urutan kronologis rilis Marvel terbaru, untuk menempatkan Hawkeye:

1. Avengers: Endgame (2018-2023)

2. WandaVision (2023)

3. Loki (2023/2012)

4. Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings (2023)

5. The Falcon and the Winter Soldier (2023/2024)

6. Eternals (2023/2024)

7. Spider-Man: Far From Home (2024)

8. Spider-Man: No Way Home (2024)

9. Hawkeye (2024)

Dua episode pertama Hawkeye akan tayang di Disney Plus pada Rabu 24 November. Empat episode  sisanya akan rilis setiap minggu, dengan total enam episode.

Selain Jeremy dan Hailee ada Vera Farmiga sebagai ibu Kate Eleanor Bishop, Tony Dalton sebagai Jack Duquesne dan Alacqua Cox sebagai Maya Lopez, atau dikenal sebagai Echo, yang Tuli dan memiliki kemampuan untuk menyalin gerakan orang lain.

Florence Pugh akan kembali sebagai Yelena Belova dari Black Widow, sementara Linda Cardellini kembali sebagai istri Clint Laura, begitu juga Ava Russo, Ben Sakamoto dan Cade Woodward sebagai anak-anak mereka. (*)

Related Articles
Entertainment
Kapan Timeline ‘Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings’ dalam MCU?

Entertainment
Hailee Steinfeld Perankan Kate Bishop dalam 'Hawkeye’, Ini Detil Karakternya!

Entertainment
Lebih Kuat dari Mjölnir, Marvel CU Kenalkan Tiga Senjata Baru di Phase 4