Current Issues

Vaksin Covid-19 untuk Anak Dapat Membantu Mencegah Munculnya Varian Baru

Dwiwa

Posted on November 23rd 2021


Ilustrasi vaksinasi. Pixabay/HaticeEROL

Vaksin Covid-19 kini tidak hanya diizinkan untuk digunakan pada orang dewasa. Hasil uji klinis telah menunjukkan jika sejumlah vaksin Covid-19 aman dan efektif digunakan pada anak dan remaja. Tidak hanya dapat melindungi diri dan orang lain, perluasan target vaksin ini juga berpotensi menghentikan penyebaran virus corona dan munculnya varian baru.

Dilansir dari AP, para peneliti telah memperingatkan jika setiap infeksi, baik pada orang dewasa maupun anak-anak, memberi virus kesempatan untuk bermutasi. Melindungi lebih banyak kelompok baru dalam populasi dunia akan membatasi peluang tersebut.

Sejumlah negara telah mulai melakukan vaksinasi pada anak usia 5 tahun ke atas. Di Indonesia, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga sudah memberikan lampu hijau bagi vaksinCovid-19 untuk anak usia 6 tahun ke atas.

Memberikan vaksinasi kepada anak-anak juga berarti mengurangi penyebaran diam, diam, karena sebagian besar dari mereka tidak bergejala atau hanya ringan saat terkena virus. Ketika virus menyebar diam-diam, ilmuwan mengatakan itu akan terus berlanjut. Dan karena lebih banyak orang terpapar, kemungkinan varian baru naik.

David O’Connor, seorang ahli virologi di University of Wisconsin-Madison, mengibaratkan infeksi seperti tiket lotere yang diberikan ke virus. Hadiah utamanya adalah varian baru yang lebih berbahaya daripada Delta yang sangat menular dan saat ini dominan di berbagai negara.

“Semakin sedikit orang terinfeksi, tiket lotere berkurang, dan semakin baik kita dalam hal menghasilkan varian,” katanya. Dia menambahkan bahwa varian bahkan lebih mungkin muncul pada orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah yang menyimpan virus untuk waktu lama.

Para peneliti tidak setuju pada berapa banyak anak-anak memengaruhi jalannya pandemi. Penelitian awal menunjukkan mereka tidak memberikan kontribusi banyak untuk penyebaran virus. Tetapi beberapa ahli mengatakan anak memainkan peran penting tahun ini dalam penyebaran varian menular seperti Alpha dan Delta.

Menurut perkiraan Covid-19 Scenario Modelling Hub, sekumpulan organisasi universitas dan penelitian medis yang mengkonsolidasikan model bagaimana pandemi mungkin berkembang, memvaksinasi anak-anak akan membuat perbedaan nyata ke depan.

Perkiraan terabu mereka menunjukkan bahwa untuk November hingga 12 Maret 2022, memvaksinasi anak usia 5 hingga 11 tahun akan menghindari sekitar 430 ribu kasus Covid di seluruh Amerika Serikat jika ada varian baru muncul. Wakil pimpinan proyek Katriona Shea dari Pennsylvania State University mengatakan jika varian 50 persen lebih menular dari Delta yang muncul di akhir musim gugur, 860 ribu kasus bisa dihindari, sebuah dampak yang besar.

Saat ini, Delta masih Dominan di AS dan menyumbang 99 persen dari spesimen virus corona yang dianalisis di sana. Ilmuwan tidak yakin mengapa ini terjadi. Dr Stuart Campbell Ray, ahli penyakit menular di John Hopkins University mengatakan mungkin secara intrinsik lebih menular, atau mungkin bisa menghindari sebagian perlindungan yang didapat dari vaksinasi atau pasca infeksi.

Tetapi bisa juga ini kombinasi dari hal itu. Tetapi bukti yang ada menunjukkan Delta hanya lebih fit, yang berarti bisa tumbuh ke level lebih tinggi lebih cepat dari varian lain yang sudah dipeljari. Jadi ketika orang terinfeksi Delta, mereka menjadi infeksius lebih cepat.

Menurut Ray, Delta adalah sebuah keluarga besar dari virus. Sudah ada banyak garis keturunan Delta yang beredar di banyak tempat tanpa. Ray menyebut sulit untuk mengetahui dari fitur genetik mana yang mungkin menjadi akhir atau varian non-Delta mana yang akan menggantikan Delta.

Selain itu, masih ada hal besar lain yang belum diketahui. Varian berbahaya mungkin masih akan muncul di wilayah yang sebagian besar tidak divaksinasi. Dan entah bagaimana caranya, mereka mungkin menemukan jalan ke wilayah dengan tingkat vaksinasi tinggi seperti Amerika Serikat.(*)

Related Articles
Current Issues
Apakah Vaksin Asal Tiongkok Efektif Lawan Varian Delta?

Current Issues
Jangan Ragu Vaksinasi! Vaksin Covid-19 AstraZeneca Efektif Lawan Varian Delta

Current Issues
Studi: Yang Sudah Divaksin dan Kena Breakthrough Infection, Tak Seberapa Menular