Current Issues

7 Data Pribadi yang Sebaiknya Jangan Dibagikan di Fitur Add Yours InstaStory

Kezia Kevina Harmoko

Posted on November 23rd 2021


(Ilustrasi: Freepik)

Belakangan ini fitur Add Yours di Instagram Story lagi ramai banget dipakai. Tiap lihat story, pasti ada aja deh story dengan format Add Yours ini. Memang sih asyik banget bisa melihat banyak foto dengan tema yang sama dari akun-akun lain, tapi fitur ini menyimpan bahaya lho!

Baru-baru aja terjadi kasus penipuan yang diduga terjadi karena korban mengunggah nama panggilan masa kecilnya melalui fitur Add Yours. Pasti pernah lihat dong story ini, biasanya sederet nama panggilan ditulis beserta keterangan itu nama panggilan dari siapa.

Berdasarkan twit @ditamoechtar_, korban langsung mengirimkan uang pada sang penipu karena menyebutkan nama panggilan masa kecilnya. Ternyata yang minta uang bukan teman masa kecil. Mungkin terlihat sepele banget hanya menuliskan nama panggilan di InstaStory, tapi secara gak sadar kita memudahkan pencurian identitas terjadi.

Nah, berikut ada beberapa data pribadi yang tidak boleh dibagikan ke publik. Simpan sendiri aja, nggak usah diumbar-umbar.

Variasi nama panggilan

Seperti kasus di atas. Nama panggilan kita ada yang sifatnya personal banget dan mungkin hanya diketahui sedikit orang. Orang yang tak bertanggung jawab dapat menggunakannya ketika berpura-pura jadi teman atau orang yang kita kenali.

Foto profil kontak aktif

Entah di WhatsApp atau LINE, foto profil ini identitas kontak kita. Jadi ada baiknya gak dibagikan begitu aja karena rawan disalahgunakan pihak yang tak bertanggung jawab untuk menipu. Bisa aja kan si penipu pura-pura menjadi kita lalu menghubungi orang yang kita kenal dengan alasan baru ganti nomor?

Tempat tinggal dan asal

Ini cukup sering ditaruh di bio biar terlihat estetik. Namun, ada baiknya tidak membagikan informasi tempat tinggal dan asal. Ini karena info tersebut bisa dijadikan penipu sebagai informasi tambahan buat menghubungi orang yang kita kenal.

Tempat tanggal lahir

Tanggal lahir mungkin bisa dengan mudah dilihat dari post ulang tahunmu. Tapi, nggak perlu membagikan tempat lahir juga. Ini data yang bisa dipakai pihak tidak bertanggung jawab buat meyakinkan orang yang kamu kenal lho.

Tanda tangan

Banyak hal yang bisa ditandatangani secara digital sekarang… jadi jangan sampai mengunggah tanda tanganmu ke publik. Jangan sampai ada dokumen misterius yang merugikan kamu di kemudian hari.

Nama pasangan atau anggota keluarga

Jangan sampai penipu nge-roleplay jadi pasangan atau anggota keluargamu sendiri terus menipu orang-orang yang kamu kenal. Tambahan lagi, sebaiknya jangan unggah data anggota keluarga yang masih kecil tanpa izin orang tuanya. Nama anak kecil rawan banget digunakan untuk ancaman. Plus, jangan bagikan sekolah atau lingkungan yang biasa dikunjungi si anak kecil.

Alamat

Bayangkan kalau si penipu punya data tempat tanggal lahirmu, nama ibu (apalagi nama gadis ibu), nama sepupumu, sahabatmu, pacarmu, foto profilmu, foto masa kecilmu, sampai alamatmu. Lengkap sudah identitas yang diperlukan penipu buat berpura-pura jadi dirimu. Mungkin kalau target yang mau ditipu tech-savy masih bisa lebih berhati-hati. Beda kasus kalau yang jadi target itu keluarga yang kurang paham teknologi, bahaya banget karena bisa aja mudah percaya dengan si penipu.

Nah, itu dia beberapa hal yang nggak perlu dibagikan di fitur Add Yours di story dan juga media sosial lain. Pikir-pikir lagi ya sebelum latah ikut tren!

Related Articles
Tech
Instagram Uji Coba Fitur Stiker Auto-Caption di Story, Ubah Audio Jadi Subtitle

Tech
Instagram Update Bentuk Story di Desktop, Lebih Gampang Skip Konten Gak Menarik

Current Issues
Tren Spotify Art Lagi Ramai, Gimana sih Cara Bikinnya?