Korea

Presiden Korsel Ucapkan Selamat Atas Kemenangan BTS di AMA

Delima Pangaribuan

Posted on November 23rd 2021

(AllKpop)

Kemenangan BTS di American Music Awards 2021 kemarin begitu disorot di seluruh dunia. Sebab, grup beranggotakan tujuh orang ini untuk pertama kalinya memenangkan penghargaan Artist of the Year (AOTY) dalam ajang bergengsi tersebut.

Prestasi mereka pun dianggap mengharumkan nama negara Korea Selatan. Nggak heran kalau kemudian Presiden Korea Selatan Moon Jaein turut memberikan selama secara khusus kepada RM dan kawan-kawan, seperti dilansir AllKpop
 
Moon Jaein menyampaikan ucapan selamat itu melalui unggahan Twitter resminya. Ia mengungkapkan bahwa saat ini Korsel dilihat sebagai salah satu soft-power paling berpengaruh di dunia. "Ini menunjukkan bahwa budaya Korea Selatan mendominasi dunia dan menunjukkan kekuatan karakter nasional serta kemampuan diplomasi kita," terang Moon Jaein.
 
BTS masuk nominasi aja, menurut Moon Jaein, sudah membuktikan anggapan tentang soft-power tadi. Apalagi kemudian RM dan kawan-kawan berhasil membawa pulang penghargaan ke tanah air mereka.
 
Moon Jaein teringat kata-kata Joseph Nye, di mana dalam 60 tahun terakhir, nggak ada bangsa yang seberhasil Korea Selatan dalam hal perkembangan. 60 tahun lalu, mungkin orang nggak tahu bahwa ada negara berdaulat bernama Korea Selatan. Orang-orang Korsel sendiri sadar bahwa diri mereka dipandang sebelah mata. 
 
Namun, justru hal itu yang menumbuhkan semangat dam optimisme mereka untuk maju. "Bagaimana menurut semua orang? Bukankan sekarang kita (Korsel) sudah bisa berbangga dan percaya diri?" pungkas Moon Jaein.
 
BTS bukan hanya menjadi artis Korsel pertama yang menyabet penghargaan di AMA tersebut, bahkan menjadi artis Asia pertama. Selain AOTY, mereka juga memenangkan penghargaan untuk kategori Favorite Duo/Group dan Favorite Song. (*)
 
Artikel Terkait
Entertainment
Olivia Rodrigo dan The Weeknd Dominasi American Music Awards 2021!

Entertainment
Taylor Swift dan Drake Raih Enam Nominasi American Music Awards 2022

Korea
Presenter Radio Jerman Komen Rasis, ARMY Maju Bela BTS