Tech

Spotify Hapus Fitur Putar Acak dari Album Gara-Gara Permintaan Adele?

Dwiwa

Posted on November 22nd 2021

Photo by Cliff Lipson/CBS via Getty Images via The Verge.

Pengguna setia Spotify pasti sudah sangat akrab dengan keberadaan ikon acak (shuffle) di dalam album di dalam tombol play yang besar. Ikon Itu membuat Spotify memutar lagu di dalam album secara acak. Tetapi menurut sebuah laporan BBC, Spotify telah berhenti mengacak album secara default setelah sebuah permintaan datang dari dari Adele.

Dilansir The Verge, sekarang ketika kalian menekan  play di tampilan  album, lagu akan diputar secara berurutan, tetapi hanya berlaku bagi pengguna yang langganan premium. Jika ingin memutar secara acak kalian bisamengaktifkan ikon acak (shuffle) saat melihat track individual.

Sebelum fitur ini dihilangkan, Adele tampaknya telah meminta Spotify untuk mengubah fitur ini. Pelantun tembang Make You Feel My Love itu beralasan bahwa album harus didengarkan dalam urutan tertentu. Dikabulkannnya permintaan itu membuat Adele mengucapkan terima kasih melalui sebuah cuitan.

“Seni kami menceritakan sebuah kisah dan cerita kami harus didengarkan seperti yang kami inginkan. Terima kasih Spotify telah mendengarkan,” tulisnya. Tak lama kemudian Spotify membalas cuitan Adele mengatakan “Apa pun untukmu,” yang mengisyaratkan langkah itu dilakukan seperti permintaannya.

“Seperti yang disebutkan Adele, kami sangat senang untuk mengabarkan jika kami telah meluncurkan fitur Premium baru yang telah lama diminta oleh pengguna dan artis untuk membuat tombol putar default di semua album,” ujar Chris Macowski, kepala komunikasi musik di Spotify, mengonfirmasi kehadiran fitur baru tersebut. “Bagi pengguna yang masih ingin mengacak album, mereka dapat membuka tampilan sedang diputar dan memilih tombol pengacakan.”

Tampaknya itu bukan sebuah kebetulan bahwa perubahan itu terjadi hanya beberapa hari setelah perilisan album baru Adele, 30, yang popularitasnya telah meledak. Salah satu lagunya, Easy on Me, memegang rekor Spotify untuk pendengar global terbanyak dalam satu hari, melengserkan BTS dari singgasana mereka. (*)

Related Articles
Entertainment
Adele Rilis Cuplikan Lagu Baru ‘Hold On’, Pesan Manis buat Kita yang Mudah Cemas

Entertainment
Adele Sebut ‘I Drink Wine’ Aslinya Berdurasi 15 Menit, Fans Tuntut Versi Aslinya

Entertainment
Adele Rilis Tracklist Album ‘30’, Fans Bersiap untuk Ambyar