Current Issues

Mengenal Covovax, Vaksin Covid-19 Buatan India yang Dapat EUA BPOM

Dwiwa

Posted on November 21st 2021

Ilustrasi. Pixabay/mohamed_hassan

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI kembali menerbitkan izin penggunaan darurat (EUA) untuk vaksin Covid-19 pada 17 November 2021. Kali ini giliran vaksin Covid-19 buatan India Covovax yang mendapatkan izin penggunaan di Indonesia.

Dilansir dari situs covid19.go.id, Covovax merupakan vaksin Covid-19 ke-11 yang mendapatkan EUA di Indonesia. Vaksin yang diproduksi oleh Serum Institute of India Pvt. Ltd, India (SII) ini akan diperuntukkan bagi orang dewasa berusia 18 tahun ke atas.

Soal efikasinya, pada orang usia 18 tahun ke atas vaksin ini memiliki khasiat antara 89,7 persen hingga 90,4 persen pada semua kasus Covid-19dengan berbagai tingkat keparahan. Sementara untuk tingkat keparahan sedang hingga berat efikasinya mencapai 86,9 persen hingga 100 persen. Sedangkan pada lansia mencapai 88,9 persen di Inggris.

Untuk pemberian vaksin Covovax dilakukan dua kali dengan interval pemberian dosis satu dan kedua selama 21 hari. Masing-masing dari suntikan akan diberikan 5 mg per dosis.

Meskipun memiliki efikasi tinggi, vaksin Covid-19 Covovax juga memiliki efek samping (KIPI). Efek samping yang dirasakan umumnya ringan, yakni nyeri lokal, tenderness, sakit kepala, kelelahan , nyeri otot/myalgia, dan demam.

Covovax merupakan  vaksin Covid-19 yang menggunakan teknologi platform rekombinan protein subunit glikoprotein spike menggunakan vaksin adjuvant Matrix-M1. Indonesia menjadi negara pertama yang memberikan EUA untuk vaksin buatan India ini.

Dengan diberikan EUA pada Covavax, total kini sudah ada 11 vaksin Covid-19 yang bisa digunakan di Indonesia. Kesepuluh vaksin lainnya adalah Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer, Zifivax, Janssen, Convidecia, Sputnik V, dan vaksin Sinovac mentah yang kemudian diproduksi PT Bio Farma.(*)

Artikel Terkait
Current Issues
Perlu Nggak sih Pake Masker Kalau Sudah Divaksin Covid-19?

Current Issues
Pemerintah Pastikan Vaksin Covid-19 yang Digunakan Aman dan Bermanfaat

Current Issues
Ini Alasan Mengapa Kamu Tak Perlu Pilih-Pilih Jenis Vaksin Covid-19