Interest

Nenek Lebih Sayang Ke Cucu Daripada Anak Kandung, Bener Nggak Sih?

Dwiwa

Posted on November 20th 2021

Ilustrasi. Pixabay/BookBabe

Pernah ngerasa nggak sih kalau nenek lebih sayang ke kalian dibanding dengan orang tua kalian yang notabene adalah anak kandungnya? Nah menurut sebuah penelitian nih, ternyata nenek itu memang merasa lebih dekat dengan cucunya loh dibanding dengan keturunannya sendiri.

Dilansir dari USA Today, profesor antropologi, psikiatri, dan ilmu perilaku di Universitas Emory James Rilling mengatakan jika penelitian telah menunjukkan kehadiran seorang nenek dapat berdampak positif pada kehidupan seorang cucu.

Keingintahuan Rilling tentang adaptasi manusia ini mendorongnya untuk mempelajari fungsi otak dari sekitar 50 wanita dengan setidaknya satu cucu biologis berusia antara 3 dan 12 tahun. Penelitian ini menggunakan pencitraan resonansi magnetik fungsional untuk memindai otak para nenek saat mereka melihat foto cucunya, orang tua cucunya, dan foto anak dan orang dewasa yang tidak berhubungan.

“Ketika nenek melihat foto cucu mereka, mereka secara khusus mengaktifkan daerah otak yang sebelumnya dikaitkan dengan empati emosional, menunjukkan bahwa nenek mungkin cenderung berbagi keadaan emosional dari cucu mereka,” ujar Rilling.

Studi juga menunjukkan ketika nenek melihat gambar anak mereka yang sudah dewasa, area otak mereka yang terkait dengan empati kognitif diaktifkan. Ini menunjukkan bahwa mereka memahami secara kognitif tetapi tidak terhubung secara emosional dengan anak mereka.

Rilling menjelaskan jika empati emosional adalah kemampuan untuk merasakan emosi yang juga dirasakan orang lain. Dia juga pernah melakukan studi serupa di mana para ayah melihat foto-foto anak-anak mereka.

Tetapi Rilling mengatakan secara keseluruhan dia melihat empati dan motivasi emosional yang rata-rata lebih kuat terjadi pada nenek dibanding ayah. Pada beberapa kasus yang berbeda, ayah memang memiliki respon yang lebih kuat.

“Ini adalah pandangan pertama kami tentang fungsi otak nenek. Ini menunjukkan bahwa nenek secara khusus bergantung pada sistem sarag yang terlibat dengan empati emosional ketika terlibat dengan cucu mereka,” kata Rilling.

Wah, ternyata secara ilmiah ada bukti kalau nenek merasa lebih dekat secara emosional dengan cucunya ya. Ada yang suka memanfaatkan keadaan dan ngadu ke nenek kalau habis dimarahin ayah atau ibu nggak nih? (*)

Related Articles
Interest
5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menyambut Tahun Baru di Rumah

Interest
Awas, Sibling Bullying Berdampak Buruk pada Kesehatan Mental di Masa Depan

Current Issues
Ini Loh 10 Tempat Paling Berisiko Tertular Covid-19 Menurut Ahli