Esports

Pengprov ESI Jatim Bikin Turnamen Esports untuk Pemanasan Porprov dan PON 2024

Dika Afandi N

Posted on November 20th 2021

Pengprov Esports Indonesia (ESI) Jawa Timur (Jatim) menggelar kejuaraan daerah (Kejurda) pertama mereka pada akhir bulan ini. Ajang ini menjadi pemanasan untuk menyongsong Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII 2022. Selain itu, ajang ini sekaligus menjadi langkah awal menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024.

Event ini akan dilangsungkan di Grand City, Surabaya pada 25-28 November mendatang. Terdapat lima divisi yang dipertandingkan, yakni PUBG Mobile, eFootball, Free Fire, Mobile Legends, dan LokaPala. Total hadiahnya Rp25 juta.

Ketua Harian ESI Jatim, Daniel Agung menjelaskan bahwa ajang ini kan diikuti peserta dari 35 kota/kabupaten di seluruh Jatim. Masing-masing daerah akan mengirim satu tim atau wakil untuk masing-masing divisi yang diikuti.

"Setiap atlet yang mewakili kota harus mendapatkan rekomendasi dari ESI kota/kabupaten. Tiap daerah hanya bisa kirim satu tim untuk masing-masing divisi," terang Daniel, Sabtu (20/11).

Untuk daerah yang sudah pernah mengadakan kejuaraan, mereka bisa mengirimkan pemenang dari kejuaraan itu ke Kejurda Esports 2021 Jatim. Bagi yang belum, mereka dipersilahkan untuk membuat kualifikasi terlebih dulu. "Pemenangnya akan mewakili daerah," terang Bryan Suwanto, Ketua Penyelenggara.

Setiap tim dapat diperkuat oleh atlet putra dan putri. Yang jelas, mereka harus berusia di atas 13 tahun. "Kami berharap mendapatkan atlet bertalenta dari ajang ini. "Sebab kami ditarget medali di PON 2024," terang Daniel.

Sementara itu, esport akan memulai debutnya sebagai cabang eksebisi di Porprov 2022 nanti. ESI Jatim masih akan meninjau kembali di kota mana cabang ini akan dilangsungkan. Mereka akan mencari kota dengan animo esports yang banyak. (*)

Artikel Terkait
Sport
Kejurda Esports Jatim Tuntas, Sebaran Juara Lebih Merata

Esports
Hasil M2 2021: Burmese Ghouls Kalahkan RRQ Hoshi, Jalan ke Final Lebih Terjal

Esports
Inilah 16 Tim Yang Berlaga di Kualifikasi Tertutup PMPL Indonesia Season 5