Tech

Google Message di Android Bakal Bisa Tampilkan Reaction dari iMessage

Jingga Irawan

Posted on November 20th 2021

Credit: IMOE

Jika kalian memiliki smartphone Android, kalian mungkin pernah melihat pesan dari teman yang menggunakan iPhone kalau mereka “bereaksi” pada pesan kalian. Misalnya nih, kalian mengirim gambar pada teman yang pakai iPhone, tiba-tiba muncul balasan “Loved an Image.” Di iMessages itu bisa jadi reaction atau emoji, hanya saja nggak muncul dalam Android. Contohnya seperti gambar di bawah:

Credit: Reddit

Tak ada kompatibilitas silang antara iMessage dan Android, tapi Google tampaknya sedang berupaya membuat pesan reaksi itu diterjemahkan sedikit lebih baik di smartphone Android.

Dalam pembaruan beta untuk Google Message versi 10.7, 9to5Google menemukan serangkaian kode di menu preferensi yang mengatakan "ios reaction classification," kemungkinan merujuk pada pesan reaksi yang kalian dapatkan secara khusus dari perangkat berbasis iOS.

Google mungkin sedang mempersiapkan cara yang lebih cerdas untuk menangani reaksi iMessage yang masuk, menurut preferensi yang baru ditemukan (belum aktif di aplikasi). Agar nantinya, balasan yang kalian dapat tak akan menjelaskan reaksi iMessage dengan kata-kata, tetapi kalian juga akan menerima emoji sebagai tanggapan, mirip dengan penggunaan fitur reaksi di antara pengguna Apple sendiri.

Credit: 9to5Google

Saat ini, iMessage menggunakan serangkaian reaksi yang berbeda dari apa yang dipakai oleh Google Message dalam obrolan. Tetapi, preferensi tambahan mengatakan “ios reactions mapping," yang tampaknya menunjukkan bahwa Google akan menyesuaikan kembali reaksi iMessage terhadap emoji, agar pas dengan Android.

Mungkin nanti, kalian masih perlu menggunakan imajinasi sendiri untuk menebak reaksi apa yang dikirimkan. Bisa jadi, ketika pengguna iPhone memberikan reaksi “like” atau semacamnya, pengguna di Android akan mendapatkan emoji "Jempol.”

Salah satu fitur baru lainnya yang ditemukan adalah pengingat ulang tahun dari dalam Google Messages. Daftar obrolan akan menampilkan ulang tahun penerima, meskipun tak jelas apakah informasi tersebut diambil dari daftar Kontak atau tidak. Setelah fitur ini dirilis resmi, tentu kalian nggak akan melupakan ulang tahun teman kalian. (*)

Artikel Terkait
Tech
Memori Ponsel Penuh? 4 Coba Trik Sederhana Ini Sebelum Memutuskan Beli Baru

Tech
Beta Version Android 11 Diluncurkan 3 Juni 2020, Ini Fitur Terbarunya

Tech
Catat! Pokemon Go Tak Bisa Dimainkan di Perangkat Ini Mulai Oktober