Tech

Apple Bakal Luncurkan EV Self-Driving Pada 2025, Diklaim Pakai Chip Khusus

Jingga Irawan

Posted on November 19th 2021

Setelah lama tak ada kemajuan, proyek mobil Apple tampaknya baru saja menemukan titik terang. Menurut laporan Mark Gurman dari Bloomberg, perusahaan yang dipimpin Tim Cook itu telah selesai mengerjakan prosesor baru. Katanya, alat tersebut bisa memberi daya pada proyek mobil listrik otonom rahasia yang dikenal sebagai Titan.

Kabar pencapaian itu meluas ketika Apple dilaporkan mempercepat waktu untuk merilis mobil otonom yang sedang dikembangkannya. Target barunya, kendaraan tersebut rilis pada 2025.

Chip tersebut dirancang oleh tim Apple sendiri. Menurut Gurman, itu adalah "komponen paling canggih" yang telah dikembangkan untuk proyek itu sejauh ini. Perusahaan tampaknya bersiap-siap untuk menguji chip dalam armada kendaraan uji di California dan berharap untuk membuat kendaraan dengan perlindungan yang lebih kuat dari pesaingnya, seperti Tesla dan Waymo.

Tujuan Project Titan lainnya adalah menciptakan mobil otonom yang tak memiliki roda kemudi. Interiornya akan lebih luas dan pengaturan tempat duduknya akan terlihat bergaya limusin, seperti yang dipromosikan oleh startup EV Canoo dalam prototipe van listriknya.

Apple kabarnya juga sedang dalam pembicaraan untuk mengakuisisi Canoo, dan baru-baru ini mempekerjakan salah satu pendiri startup. Perusahaan telah mencoba membuat armada self-driving untuk bersaing dengan Uber, Lyft, dan Waymo, tetapi Gurman melaporkan kemungkinan Apple akan menjual mobil ke pelanggan individu.

Di sisi kendaraan listrik, Apple kabarnya juga tak ingin mengembangkan stasiun pengisian eksklusif untuk mobil. Sebaliknya, ia ingin membuat kendaraan kompatibel dengan "sistem pengisian gabungan," atau standar CCS, yang memungkinkan untuk mengisi daya kendaraan di sebagian besar stasiun pengisian cepat publik.

Perkembangan ini merupakan pengumuman terbesar sejak Apple memulai proyeknya di tahun 2014. Lima eksekutif berbeda telah menjalankan Project Titan, setelah Apple Watch Kevin Lynch mengambil alih awal tahun ini. Pemfokusan ulang dan pergeseran garis waktu yang dilaporkan oleh Bloomberg bisa menjadi tanda bahwa ada kemajuan nyata yang dibuat.(*)

Artikel Terkait
Tech
Berambisi Kuasai Pasar EV dan AV, General Motors Berinvestasi Rp 503 Triliun

Tech
"EV Boom" Bikin Dunia Butuh Lebih Banyak Listrik

Tech
Saingi Gigafactory Tesla Di Eropa, Volvo Produksi Baterai Bareng Northvolt