Sport

Kang Emil Harap Uji Coba Penonton di Honda DBL Seri Jabar Jadi Contoh Liga 1

Mainmain.id

Posted on November 19th 2021

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil patut berbangga. Inisiasinya agar kompetisi basket pelajar Honda DBL 2021 West Java Series (Seri Jabar) bisa melakukan uji coba menghadirkan penonton ke venue akhirnya terlaksana dengan lancar. Itu yang terjadi pada penutupan Honda DBL Seri Jabar, Kamis (18/11) malam.

Dengan suksesnya uji coba itu, berarti Honda DBL Seri Jabar menjadi event olahraga pertama -di luar gelaran multievent PON XX Papua 2021- yang berhasil melakukan trial menghadirkan penonton. Ridwan Kamil pun berharap agar kesuksesan uji coba menghadirkan penonton di Honda DBL Seri Jabar bisa menjadi contoh penyelenggaaan event olahraga lainnya. Termasuk di sepak bola, baik Liga 1 maupun Liga 2.

"Saya harap sepak bola yang sekarang sedang dikaji menjadikan Honda DBL ini sebagai contoh. Termasuk cabor lainnya juga seperti voli maupun lainnya,” ujar pejabat yang akrab disapa Kang Emil itu.

Menurut Kang Emil, kunci sukses menjalankan event olahraga termasuk mengujicoba menghadirkan penonton sebenarnya terletak pada kepatuhan menjalankan protokol kesehatan (prokes). “Terutama mengatur jarak. Kemarin di Papua sebenarnya sudah bagus tapi masih ada beberapa evaluasi, karena ada dempet-dempetan. Jadi kedisiplinan itu harus kita pertahankan," ucapnya.

Iya yakin, cabang-cabang olahraga lain asal menerapkan prokes yang ketat bisa kembali menggelar kompetisi.

Uji coba menyelenggarakan penonton Honda DBL ke venue selama ini diatur dalam Inmendagri (Inmendagri) Nomer 57 tahun 2021. Pada pasal 25 diatur penyelenggaraan kompetisi Honda DBL di lima series (Surabaya – Jawa Timur, Bandung - Jawa Barat, Denpasar – Bali, Yogyakata – DIY, dan Tangerang – Banten).

Lalu, pada pasal 25 poin 3 diatur terkait uji coba pertandingan dengan penonton langsung di venue pertandingan. Berlaku di Honda DBL seri Jawa Barat (Bandung) pada pelaksanaan semifinal dan final.

Dalam Inmendagri yang sama (57/2021), pemerintah juga memberikan izin uji coba Liga 1 dan Liga 2 untuk menggelar pertandingan dengan penonton. Namun hingga sekarang belum berjalan.(*)

Related Articles
Sport
Ridwan Kamil Jago Nge-Shoot! Sukses di Three Point Challenge Honda DBL

Sport
Pertama Setelah PON Papua, Honda DBL Seri Jabar Sukses Gelar Uji Coba Penonton

Sport
Persebaya Menang Atas Madura United, Marselino Ferdinan Kembali Jadi Kunci