Korea

Deretan Idol Ini Ungkapkan Rencana Mereka Soal Ujian Masuk Kuliah

Delima Pangaribuan

Posted on November 17th 2021

(Soompi)

Dalam waktu dekat, ujian nasional masuk universitas atau College Scholastic Ability Test (CSAT) di Korea Selatan (semacam SNMPTN di sini) tahun 2022 bakal dimulai. Ini menjadi agenda mahapenting buat anak-anak SMA kelas 12 yang mau lulus di sana. Nggak terkecuali mereka yang sudah aktif jadi idol.

Melansir Soompi, pelaksanaan ujian nasional ini sendiri harusnya diadakan pada awal 2021 lalu. Tapi terpaksa ditunda karena Covid-19 dan kampus-kampus juga pada tutup. Ujian itu baru bisa terlaksana pada 18 November 2021.

Portal berita Newsen melaporkan sejumlah idol Kpop termasuk dalam angkatan yang mengambil ujian nasional masuk perguruan tinggi tahun ini. Mereka adalah Yuna ITZY, Sunoo ENHYPEN, Seeun STAYC, Keum Donghyun dan Mu EPEX, Lutan BLITZERS, Intak P1Harmony, serta Wooyeon dan Sora woo!ah.

Namun, mereka semua yang disebut di atas telah dikonfirmasi nggak bakal ikut ujian tahun ini. Selain mereka, tiga artis dari Starship Entertainment juga menunda masuk universitas. Mereka adalah Taeyong dan Seongmin CRAVITY serta Yujin IVE yang bakal debut.

Starship menyampaikan bahwa mereka telah berdiskusi dengan para idol tersebut dan mencapai kesepakatan bahwa mereka tidak akan ikut ujian tahun ini. Terutama Yujin yang merasa harus fokus dengan persiapan debutnya di IVE. "Tergantung bagaimana opini artis ke depannya, dia akan mempertimbangkan jurusan kuliah dan apakah dia bisa kuliah atau tidak di sela-sela promosi," jelas Starship.

Sementara itu, beberapa idol lain memutuskan untuk mengenyam pendidikan tinggi dan ikut tes. Antara lain Doyoung TREASURE, Dohwan dan Won Chiiper, Baek Jiheon fromis_9, Kangmin VERYVERY, Sohee Rocket Punch, Chaerin ICHILLIN, Minjae dan Huijun MCND, Lee Woojin GHOST9, dan Dongpyo MIRAE.

Dari dunia akting, ada aktor Park Jihoo (House of Hummingbird) dan Tang Joonsang (Move To Heaven) yang memutuskan untuk kuliah. Park Jihoo kembali ke Daegu untuk ikut tes di sana, sementara Tang Joonsang sudah keterima jalur khusus di Universitas Chung-Ang, departemen teater dan film. 

Semoga para artis dan idol serta semua anak-anak SMA kelas 12 di Korsel bisa menghadapi ujian dengan sebaik-baiknya! (*)

Related Articles
Korea
MV Terlalu Mirip, Warganet Sebut CRAVITY Plagiat TREASURE

Korea
Netizen Korea Sebut YG Entertaintment Paling Baik Perlakukan Artisnya, Setuju?

Entertainment
Parade Comeback dan Debut KPop April 2020, Mana Favoritmu?