Tech

‘Black Screen of Death’ Windows 11 Berubah Lagi Jadi Biru

Jingga Irawan

Posted on November 17th 2021

Credit: The Verge

Microsoft mengubah Black Screen of Death di Windows 11 kembali ke warna biru asli. Dilansir The Verge, Selasa (16/11), raksasa perangkat lunak itu awalnya mengubah Blue Screen of Death (BSOD) yang asli menjadi hitam di Windows 11 awal tahun ini, agar sesuai dengan layar masuk dan shutdown yang baru.

Perubahan itu merupakan yang pertama pada BSOD sejak Microsoft menambahkan wajah sedih ke layar di Windows 8. Namun sekarang, perubahan itu akan dikembalikan lagi dalam pembaruan Windows 11 yang akan dirilis mendatang.

“Kami mengubah warna layar menjadi biru ketika perangkat berhenti bekerja atau terjadi kesalahan berhenti seperti pada versi Windows sebelumnya,” tulis Microsoft, mengakui dalam catatan terbaru, yang ditemukan oleh Windows Central, untuk pembaruan Windows 11.

Microsoft pertama kali memperkenalkan BSOD di Windows 3.0, menawarkan cara bagi profesional TI dan personel pendukung untuk mendiagnosis kesalahan perangkat keras dan memori. BSOD adalah kesalahan kernel Windows sendiri, dan biasanya mencakup kumpulan data yang dapat dianalisis oleh admin TI untuk menentukan apa yang menyebabkan crash.

Belum diketahui apa alasan perusahaan mengubah kembali BSOD menjadi biru di Windows 11, tetapi kemungkinan untuk mempermudah analisis dukungan perbaikan.

Blue Screen of Death telah lama menjadi bagian dari Windows, dan merupakan cara bagi pengguna untuk menemukan masalah serta menghubungi dukungan bantuan TI. Layar biru bergambar sedih sudah dikenal oleh pengguna Windows dari berbagai kalangan.

Bisa jadi, perubahan ini ditujukan demi mengurangi skenario salah analisis, di mana admin TI mencoba memecahkan masalah dari jarak jauh dalam pandemi, lalu melihat layar perangkat menjadi hitam, yang sering dikaitkan dengan masalah monitor, sehingga lebih membingungkan daripada Blue Screen of Death yang biasa digunakan.(*)

Related Articles
Tech
Bye Blue Screen of Death Windows! Kini di Windows 11 Berubah Jadi Black Screen

Tech
Microsoft Office 2021 Bakal Diluncurkan 5 Oktober Mendatang

Tech
Microsoft Bakal Ungkap "Next Generation of Windows" pada 24 Juni